HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SMK NEGERI 45 DI JAKARTA BARAT

ADITYA ARGI BACHTIAR, . (2017) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SMK NEGERI 45 DI JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ADITYA ARGI BACHTIAR (8135134113) PEND.TATA NIAGA B .pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 45 Jakarta Barat, selama lima bulan terhitung sejak Februari 2017 sampai dengan Juni 2017. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar siswa pada SMK Negeri 45 di Jakarta Barat. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 45 Jakarta Barat. Populasi terjangkaunya adalah seluruh siswa kelas X dan XI Pemasaran serta X Administrasi Perkantoran sebanyak 150 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik acak sederhana yang diambil secara proporsional sebanyak 105 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 74,538 + 0,137X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji Lilliefors menghasilkan Lhitung = 0,0808 untuk Y atas X, sedangkan Ltabel untuk n = 105 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,865. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran regresi Y atas X berdistribusi normal. Uji Linieritas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu, 1,04 < 1,59 sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut liniear. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel yaitu, 72,94 > 3,91, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,555, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 6,768 dan ttabel = 1,658. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,555 adalah positif dan signifikan. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi, menunjukkan variabel prestasi belajar siswa ditentukan oleh kompetensi pedagogik guru sebesar 30,78%. This research was conducted at SMK Negeri 45 West Jakarta, for five months since February 2017 until June 2017. The purpose of this study is to determine the relationship between teacher pedagogic competence with student achievement at SMK Negeri 45 in West Jakarta. The method used is survey method with correlational approach. The population in this study were all students of SMK Negeri 45 West Jakarta. The reach population is all students of class X and XI Marketing and X Administration Office of 150 people. The sampling technique used is a simple random technique taken proportionally as many as 105 people. The resulting regression equation is Ŷ = 74,538 + 0,137X. Test analysis requirement is test of normality of regression estimation of Y over X with Lilliefors test yield Lcount = 0,0808 for Y over X, while Ltable for n = 105 at significant level 0,05 is 0,865. Since Lhitung < Ltable then the regression estimates of Y over X are normally distributed. The regression linearity test yields Fcount <Ftable that is, 1.04 <1.59 so it is concluded that the regression equation is linear. From regression significance test yield Fcount > Ftable that is, 72,94 > 3,91, so it can be concluded that the regression equation is significant. Product Moment correlation coefficient from Pearson produce rxy = 0,555, then tested significance of correlation coefficient by using t test and generated tcount = 6,768 and ttable = 1,658. Thus, it can be concluded that the correlation coefficient rxy = 0.555 is positive and significant. From the calculation of coefficient of determination, shows the variable of student achievement is determined by teacher pedagogic competence of 30.78%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Rohyati, M.Pd 2) Dr. Corry Yohana, M.M
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 03:56
Last Modified: 04 Apr 2022 03:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25743

Actions (login required)

View Item View Item