PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PARABOLIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA POKOK BAHASAN GERAK PARABOLA

FAUZIAH IISMATULLAH, . (2017) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PARABOLIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA POKOK BAHASAN GERAK PARABOLA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3215120221_FAUZIAH ISMATULLAH...pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga parabolik yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran fisika pada pokok bahasan gerak parabola pada kelas X SMA/MA. Menurut hasil survey yang telah dilakukan kepada guru dan siswa di beberapa sekolah di Jakarta diketahui bahwa dalam pembelajaran gerak parabola, biasanya guru hanya mengajarkan teori semata tanpa adanya praktik, hal ini dikarenakan kebanyakan sekolah SMA/MA belum memiliki alat peraga untuk pratikum gerak parabola tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) mengacu pada teori Borg and Gall yang meliputi tujuh kegiatan yang telah dimodifikasi peneliti tanpa mengurangi esensinya, diantaranya: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan desain produk, (3) pengembangan draft produk, (4) validasi desain, (5) uji coba produk, (6) produk hasil. Berdasarkan uji kelayakan didapatkan hasil, ahli materi adalah 88,3% dengan interpretasi “sangat baik” dan ahli media adalah 81,2% dengan interpretasi “sangat baik”. Uji coba lapangan dilakukan oleh guru fisika dan mendapatkan hasil 90,2% denga interpretasi “sangat baik” serta uji coba lapangan kepada siswa mendapatkan hasil 87,0% dengan interpretasi “sangat baik”. Hasil dari penelitian ini berupa alat peraga parabolik dinyatakan layak sebagai media pembelajaran fisika pada pokok bahasan gerak parabola. This study to develop parabolic visual aid which can be used as Physics learning media in the main of parabola movement discussion in X SMA/MA class. Based on the survey found in many schools that the teachers only taught the theories to students about parabolic movement without practising. while it was caused in many Senior High Schools have not had visual aid about Parabola Movement. This method of study was research and development (Research and Development) based on Borg and Gall theory with the seven activities which had been modified by the researcher without reducing the essensial, which were: (1) Research and Collect the data (2) Product design planning (3)product draft development (4) Design validity (5) Product experiment (6) Product result. Based on the experiment, it was found the result that Ahli materi was 88,23% with the interpretation "Very good"and "Ahli media" was 81,2 % with the interpretation "Very good". The real experiment was done by Physics teachers and got the result 90,2 % with the interpretation "Very good" with the real experiment to the students got the result 87,0%with the interpretation "Very good". This Findings got the result that Parabolic visual aid was proper as Physics learning media in Parabola Movement Discussion.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Raihanati, M.Pd 2) Esmar Budi, M.T
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Apr 2022 06:40
Last Modified: 04 Apr 2022 06:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25789

Actions (login required)

View Item View Item