PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK SISWA DI SMK KHARISMAWITA 1 JAKARTA

DWINTA SAPTIWI PUTRI, . (2014) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK SISWA DI SMK KHARISMAWITA 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (45kB)
[img] Text
1 abstrak.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2 kata pengantar.pdf

Download (82kB)
[img] Text
3 daftar isi.pdf

Download (160kB)
[img] Text
bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)

Abstract

Kemampuan penalaran matematik merupakan salah satu kemampuan yang perlu dikuasai oleh siswa dalam menghadapi dunia nyata. Kemampuan penalaran matematik siswa dapat dipengaruh oleh beberapa faktor, misalnya motivasi belajar dan kemampuan verbal. Motivasi belajar dapat mempengaruhi kemampuan penalaran matematik siswa karena dengan adanya motivasi, siswa mempunyai dorongan untuk menyelesaikan masalah yang diberikan. Sedangkan kemampuan verbal membantu siswa bahasa matematika yang bersifat abstrak dan menggunakan simbol-simbol. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi belajar dan kemampuan verbal terhadap kemampuan penalaran matematik siswa di SMk Kharismawita 1 Jakarta pada pokok bahasan matriks subbab macam-macam matriks dan operasi matriks, dan seberapa besar pengaruhnya terhadap kemampuan penalaran matematik. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan variabel terikat yaitu kemampuan penalaran matematik dan variabel bebas yaitu motivasi belajar dan kemampuan verbal. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sample adalah purposive sampling berdasarkan kelas jurusan yang akan diteliti yang selanjutnya cluster random sampling, yakni sebanyak 70 siswa. teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Instrumen penelitian motivasi belajar berupa angket, kemampuan verbal berupa pilihan ganda, dan kemampuan penalaran matematik berupa soal penalaran matematik berbentuk essai. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh model regresi linier ganda yaitu . Berdasarkan uji-F diperoleh dan sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan kemampuan verbal secara bersama-sama terhadap kemampuan penalaran matematik. Motivsi berpengaruh positif terhadap kemampuan penalaran matematik dengan nilai dan kemampuan verbal berpengaruh positif terhadap kemampuan penalaran matematik dengan nilai . Motivasi belajar dan kemamapuan verbal secara bersama-sama berpengaruh positif dengan nilai atau berpengaruh sebesar 81,1%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Ellis Salsabila, M.Si. ; 2). Ir. Fariani Hermin, MT.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 07 Jan 2020 09:28
Last Modified: 07 Jan 2020 09:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2579

Actions (login required)

View Item View Item