MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG DAUR DAN PENGHEMATAN AIR MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS V (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat)

FARAMITA ANJANI, . (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG DAUR DAN PENGHEMATAN AIR MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS V (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (246kB)
[img] Text
5. LEMBAR MOTTO & PERSEMBAHAN.pdf

Download (116kB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (50kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (319kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (59kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (170kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (147kB)
[img] Text
7. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB)
[img] Text
6. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (88kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (62kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (49kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat tentang Daur dan Penghematan Air dengan menggunakan pendekatan saintifik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat pada semester II tahun ajaran 2016-2017 dengan jumlah siswa kelas V sebanyak 42 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan McTaggart melalui beberapa tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes, non tes, dan catatan jurnal penelitian. Hasil belajar IPA yang diperoleh siswa pada siklus I mencapai 73,81% dan pada siklus II menjadi 88,10%. Hal tersebut dikarenakan efektifitas dari proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Dari data yang diperoleh pada siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA tentang daur dan penghematan air dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat. The amis of this research was to improve science learning of respiratory and digestion human at five grade of Cempaka Putih Barat 03 Elementary School through scientific approach. This research was conducted at Cempaka Putih Barat 03 Elementary School Central Jakarta at second semester of 2015-2016 with 42 of students at five grade. The method conducted in this research was classroom action research which using cycle method of Kemmis and McTaggart. Method this research conducted through planning stages, class action/implementation, observation, and reflection. The data was collected by using test instruments, non-tes, and field notes. The result of students science learning evaluation on first cycle have been achieved, the number of 73.81% and for the second cycle to be 88.10%. While the results on first cycle and second cycle, can be concluded that by using scientific approach in science can improve science learning outcome students at five grade Cempaka Putih Barat 03 Elementary School Central Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sutrisno, M.Si. 2). Dr. Fahrurrozi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:09
Last Modified: 06 Apr 2022 01:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25822

Actions (login required)

View Item View Item