UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MATH-TALK LEARNING COMMUNITY (MTLC) DI KELAS VIII.1 SMP NEGERI 47 JAKARTA

GESTY SETIAWATY, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MATH-TALK LEARNING COMMUNITY (MTLC) DI KELAS VIII.1 SMP NEGERI 47 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (495kB)
[img] Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (379kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (196kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (9kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 47 Jakarta. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah pembelajaran yang terjadi adalah dengan menggunakan model pembelajaran Math-Talk Learning Community (MTLC), yaitu suatu model yang menerapkan empat tahap pembelajaran: questioning, explaining mathematical thingking, source of mathematical ideas, responsibility for learning, dengan menggunakan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) sebagai instrumen dalam membantu siswa untuk dapat memahami setting masalah yang disajikan. Dengan memperhatikan aspek utama dari penelitian ini, yaitu: (1) menyatakan ide-ide matematis melalui lisan, tulisan, serta menggambarkan secara visual; (2) menginterpretasikan dan mengevaluasi ide-ide matematis baik secara lisan maupun tertulis; (3) menggunakan istilah-istilah, simbol-simbol matematika, dan strukturstrukturnya untuk memodelkan situasi atau permasalahan matematika; diharapkan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 47 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis classroom action research (penelitian tindakan kelas), yang terdiri dari empat tahapan yang membentuk siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII.1 pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016, di SMP Negeri 47 Jakarta, dengan jumlah siswa 36 orang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kemampuan komunikasi matematika siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Rata-rata skor tes akhir yang dilakukan pada prasiklus adalah 49,3. Skor tes pada siklus I adalah 62,44, pada siklus II adalah 86,9 dan pada siklus III adalah 94,19. Persentase siswa yang melampaui dan mencapai standar kemampuan komunikasi matematika pada siklus I sebesar 38%, pada siklus II sebesar 83% dan pada siklus III sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Math-Talk Learning Community (MTLC) di kelas VIII.1 SMP Negeri 47 Jakarta dapat meningkatkan kemampuan komuniksi matematika siswa kelas VIII tersebut. This research is based on the poor level of mathematical communication ability of the students in 8th grade at 47 Jakarta Junior High School. One of the alternative to resolve the learning problem that occurs is using Math-Talk Learning Community (MTLC) model, which is a model that applied four stages of learning: questioning, explaining mathematical thinking, source of mathematical ideas, responsibility for learning, with student sheet Activities (LAS) as an instrument to help students understand the setting of the presented problem by regarding the main aspects of this research, which is: (1) state the mathematical ideas through verbal, written, and visually depict; (2) interpret and evaluate mathematical ideas both verbal and writing; (3) using terms, mathematical symbols, and its structures to modeling the situations or mathematical problems; expected to increasing math communication skills in 8th grade students at 47 Jakarta Junior High School. This study is using a qualitative approach with classroom action research (action research) type, which consists of four stages that build up the planning cycle, implementation, observation, and reflection. The research was held at VIII.1 class in the second semester of the 2015/2016 academic year, at 47 Jakarta junior high school, with 36 number of students. Based on the research that has been done, the students mathematical communication skills increased significantly. The average score of the final test on pre-cycle is 49.3. Test score was 62.44 in the first cycle, the second cycle is 86.9 and the third cycle was 94.19. The percentage of students who beyond and reach the communication skills of mathematics standard at the first cycle is 38%, in the second cycle is 83% and the third cycle is 100%. Based on the results this study concluded that: (1) Learning by using Math-Talk Learning Community model (MTLC) at VIII.1 class of 47 Jakarta junior high school can increa math communication those 8th grade students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Suprakarti, M.Pd 2) Ratna Widyati, S.Si, M.Kom
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 02:16
Last Modified: 06 Apr 2022 02:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25847

Actions (login required)

View Item View Item