FEBRI ANITA KRISNAWATI, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN LAMBANG BILANGAN MELALUI KEGIATAN SENI KOLASE ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Tindakan Kelas, Usia 5-6 Tahun di BKB PAUD Melati, Rawamangun Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
abstrak.pdf Download (149kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (174kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (441kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (716kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (748kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (144kB) |
|
Text
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (144kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (164kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (25kB) |
|
Text
DAFTAR BAGAN.pdf Download (144kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (146kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (145kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (252kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman lambang bilangan anak usia 5-6 tahun di BKB PAUD Melati Rawamangun, Jakarta Timur melalui kegiatan seni kolase. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2016 sampai 25 Januari 2017. Subjek penelitian anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 9 orang di BKB PAUD Melati Rawamangun, Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian dengan melalui kegiatan seni kolase menunjukkan bahwa perolehan data pada siklus I adalah 64,4% dan siklus II mencapai 88,3%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa melalui kegiatan senikolase dapat meningkatkan pemahaman lambang bilangan anak usia 5-6 tahun BKB PAUD Melati Rawamangun, Jakarta Timur. Hal ini berarti dari pra penelitian sampai siklus II memiliki kenaikan 46,9%. Berdasarkan keberhasilan prosentase yang telah diperoleh, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti. Adapun temuan secara kualitatif diperoleh bahwa kegiatan seni kolase anak usia dini dapat meningkat dengan pemahaman lambang bilangan anak. This study aims to improve understanding of numbers emblem 5-6 years old children in early childhood BKB Melati Rawamangun, East Jakarta through art collage This research conducted in December 2016 until January 2017. The subject of this study is 6 children aged 5-6 years in BKB PAUD Melati Rawamangun, East Jakarta. The method used for this study is classroom action research conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. Data for this study collected by observation, documentation, and interviews. The results of this study for the first cycle are 64,4% and reach 88,3% in the second cycle. The results show that through collage art activities to increase understanding of numerals of children aged 5-6 years early childhood BKB PAUD Rawamangun, East Jakarta. Based on the percentage; a success has obtained and the hypothesis of this study is proven. The qualitative findings showed that the activities collage art early childhood can increase the number of the understanding.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Eriva Syamsiatin, M.Si. 2). Dr. R. Sri Martini Meilani, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 03:05 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 03:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25863 |
Actions (login required)
View Item |