PERSEPSI GURU PAMONG TENTANG KOMPETENSI MAHASISWA PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR (PKM) (Studi Survei di SMA Negeri Kota Administrasi Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2016/2017)

EKA RIMATUZZAHRIAH, . (2017) PERSEPSI GURU PAMONG TENTANG KOMPETENSI MAHASISWA PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR (PKM) (Studi Survei di SMA Negeri Kota Administrasi Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2016/2017). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB IV.pdf

Download (824kB)
[img] Text
BAB III( Revisi) - done.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB II( Revisi) - done.pdf

Download (482kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB I (Revisi) - done.pdf

Download (284kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (178kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
LAMPIRAN 2.pdf

Download (415kB)
[img] Text
MOTO DAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (240kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (258kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1.pdf

Download (52kB)
[img] Text
PERNYATAAN EKA.pdf

Download (0B)
[img] Text
PENGESAHAN EKA.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang persepsi guru pamong mengenai kompetensi pedagogik, Sosial, Kepribadian, dan Profesional yang dilakukan oleh mahasiswa PKM Program Studi Pendidikan sejarah dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini dilaksanakan di tujuh Sekolah Menengah Atas (SMA) tempat pelaksanaan Praktik Ketrampilan Mengajar (PKM) mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah, waktu pelaksanaan penelitian terhitung sejak bulan Februari 2017 sampai dengan Juli 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik survei. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif yaitu mendeskripsikan jawaban responden dalam bentuk pemaparan atau penjelasan disertai tabel frekuensi dan presentase. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru pamong yang berjumlah dua puluh orang, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kompetensi pedagogik, kecenderungan responden berpendapat rata-rata tingkat pengelolaan program pembelajaran mahasiswa PKM baik (76%-85%) dan tingkat penguasaan pengelolaan kelas juga sudah cukup (65%-75%). Pada kompetensi sosial kecenderungan responden berpendapat rata-rata sikap sosial mahasiswa PKM dengan lingkungan baik (80%-95%). Pada kompetensi kepribadian kecenderungan responden berpendapat mahasiswa PKM sudah baik dalam menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan dapat dicontoh peserta didik ( 77%-90%). Pada kompetensi professional kecenderungan responden berpendapat rata-rata tingkat penguasaan bahan ajar mahasiswa PKM (<60%). Sedangkan tingkat penguasaan media dan sumber belajar, tergolong baik (78%-85%). Dengan demikian secara umum kompetensi mahasiswa PKM program studi pendidikan sejarah Universitas Negeri Jakarta baik dalam hal kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial, meskipun demikian mahasiswa PKM masih harus meningkatkan pada beberapa indikator seperti pengelolaan kelas dan menganalisis butir soal. The research aimed to obtain data about teacher’s senior perception about her competences of pedagogical , social , personality , and professional conducted by a student pkm majoring of education history in history’s learning. This research was conducted in the seven senior high schools(SMA), the place where student practiced her teaching ( pkm )for the student of majoring history education , it was done since February to July 2017. The Method was used a descriptive method in a survey technique. Data was collected through the distribution of the questionnaire of respondents .Technique data an alysis was a technique descriptive analysis quantitative, describing the respondents’ answer in the form of exposure or explanation in a table form the frequency and presentase. The population research was the senior teachers consisted of twenty , so it called a research population . The result of this research showed that in competence pedagogical , a tendency of respondents believed the average level of the management of the program student learning ,PKM was good ( 76 % 85 % of them ) and the level mastery of management class was enough (65 % -75 %) . In social competence, a tendency of respondents believed that the average of social’s attitude student’s pkm to the surrounding was good (80 % to 95 %). In personality competency, respondents thought PKM’s student was good became responsible student, and could be the examplry student for the school tuition (77 % -90 %). In professional competency, most respondents thought that the average level of mastery of teaching materials majoring PKM was good enough (<60% ) the skill of mastering media and learning sources was good ( 78 % 85 %). Thus, generally student pkm’s competence majoring of history education in jakarta state university was good in pedagogik , professional , personal and social competences , nevertheless students pkm still have to increase herself in some indicators like mastering class management and test analyze.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. M. Fakhruddin, M.Si 2) Dra. Ratu Husmiati, M.Hum
Subjects: Sejarah Dunia > Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Apr 2022 05:34
Last Modified: 06 Apr 2022 05:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25882

Actions (login required)

View Item View Item