HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PERSEPSI SISWA TENTANG METODE PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DENGAN HASIL BELAJAR DI SMA KELAS XI SMA NEGERI 23 JAKARTA

Muhammad Iqbal Salahuddin, . (2016) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PERSEPSI SISWA TENTANG METODE PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DENGAN HASIL BELAJAR DI SMA KELAS XI SMA NEGERI 23 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (6kB)
[img] Text
iqbal.pdf

Download (14kB)
[img] Text
SKRIPSI_MUHAMMAD IQBAL SALAHUDDIN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang metode pembelajaran sosiologi dengan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bersifat deskriptif.Jumlah populasi berjumlah 120 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 36 siswa.Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling.Data dikumpulkan menggunakan metode angklet, wawancara serta dokumentasi. Uji persyaratan analisis menggunakan uji item test, uji validitas, uji reabelitas, uji normalitas dan uji homogenitas. Pada uji item test terdapat 2 butir soal yang tidak valid dari butir yang jumlah 20 butir.Pada butir yang tidak valid dibuang karena masih diwakilkan oleh indikator yang butirnya valid.Dalam uji reabelitas untuk instrumen persepsi siswa terhadap pembelajaran sosiologi didapatkan hasil 0,685.Nilai tersebut kemudian dikonsultasikan pada tabel tingkat keterandalan, sehingga tingkat keterandalan untuk instrumen persepsi siswa terhadap metode pembelajaran sosiologi tinggi. Uji normalitas dapat diketahui bahwa nilai sebesar 0,861 lebih besar dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Dalam uji homogenitas diketahui bahwa nilai signifikansi variabel hasil belajar (Y) berdasarkan variabel Persepsi siswa (X) yaitu 0,08 lebih besar dari 0,05 artinya variabel Y berdasarkan variabel X mempunyai varian yang sama.. Uji hipotesis penelitan menggunakan uji chi-square nilai Asymp.sig sebesar 0,317. Karena nilai asymp.sig 0,317 lebih besar dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho diterima yang artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara persepsi dengan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diartikan persepsi siswa tidek mempunyai korelasi dengan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rusfadia Saktiyanti Jahja, M.Si, ; 2). Dr. Ciek Julyati Hisyam, M.Si,
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 07 Jan 2020 11:31
Last Modified: 07 Jan 2020 11:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2591

Actions (login required)

View Item View Item