SOSIALISASI NILAI-NILAI KEBUDDHAAN (Studi Kasus: Sekolah Menengah Pertama Buddhis Silaparamita)

Nevia Aliza, . (2016) SOSIALISASI NILAI-NILAI KEBUDDHAAN (Studi Kasus: Sekolah Menengah Pertama Buddhis Silaparamita). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (8kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI - NEVIA ALIZA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis sosialisasi nilai-nilai kebuddhaan di SMP Buddhis Silaparamita, yaitu melalui beberapa upaya atau metode pembelajaran di dalam kelas. Penggunaan metode tersebut pada nilai-nilai yang ditanamkan kemudian dapat diaplikasikan oleh peserta didik dalam kehidupan seharihari. Penelitian ini menggunakkan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan kelima murid, satu wakil kepala sekolah bagian kurikulum, satu wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan satu guru Pendidikan Agama Buddha. Dari data yang diperoleh tersebut dapat dikonstruksikan dalam temuan penelitian. Temuan penelitian memperlihatkan adanya kegagalan dalam proses pembelajaran meditasi. Kegagalan ini terlihat dari kelemahan struktur dan agen sosialisasi pada sekolah yang tidak menindaklanjuti proses sosialisasi penanaman nilai – nilai.. Guru sebagai agen sosialisasi tidak mampu mengembangkan metode pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai media yang telah tersedia di dalam kelas. Sehingga terlihat tidak maksimal dalam melakukan pembelajaran di dalam kelas. Cepat membuat anak merasa bosan dan mengantuk. Struktur atau manajemen di sekolah sebenarnya sudah baik dengan mengupayakan meditasi sebagai media dalam penanaman nilai-nilai kebuddhaan. Namun, tidak adanya tindak lanjut dari sekolah setelah melakukan meditasi tersebut yang membuat nilai-nilai kebuddhaan tidak terinternalisasi dengan baik dalam diri peserta didik. Lebih dari itu segala aspek yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik ikut terhambat dan kurang mengalami perkembangan yang semestinya. Tujuan dilakukannya meditasi agar manusia dapat memusatkan pikiran kepada hal-hal yang bersifat religius. Namun, meditasi yang dilakukan di sekolah kenyataannya belum menjadi solusi dalam menginternalisasi nilai-nilai kebuddhaan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rakhmat Hidayat, Ph.D ; 2). Dra. Rosita Adiani, MA
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Buddhisme
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 07 Jan 2020 11:48
Last Modified: 07 Jan 2020 11:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2592

Actions (login required)

View Item View Item