PENGEMBANGAN PERANGKAT CBT SEBAGAI INSTRUMEN PENILAIAN SUMATIF FISIKA SMA KELAS X SEMESTER 2

INDAH FEBRIANI, . (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT CBT SEBAGAI INSTRUMEN PENILAIAN SUMATIF FISIKA SMA KELAS X SEMESTER 2. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3215122007 Indah Febriani.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat lunak penilaian berbasis komputer atau Computer Base Test (CBT) sebagai instrumen penilaian sumatif Fisika SMA kelas X semeste 2. CBT ini dikembangkan menggunakan aplikasi Wondershare Quiz Creator. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian pengembangan Walter Dick, Lou Carey dan James O.Carey yang telah dimodifikasi oleh Atwi Suparman yaitu Model Pengembangan Instruksional (MPI). Instrumen penilaian menggunakan skala Likert. Produk CBT ini telah melalui uji validasi oleh ahli media dengan persentase 96,07%, uji validasi oleh ahli materi dengan persentase 87,39%, dan uji validasi oleh ahli penilaian dengan persentase capaian 87,61%. Uji coba terhadap pendidik dilakukan oleh guru fisika SMAN 31 Jakarta Timur dan guru fisika SMAN 33 Jakarta barat dengan perolehan persentase sebesar 98,58%. Uji coba terbatas terhadap siswa SMAN 33 Jakarta. Hasil uji coba secara terbatas memperoleh tingkat penilaian sangat baik dengan persentase capaian 88,35%. Setelah direvisi dilakukan uji lapangan terhadap siswa SMAN 33 Jakarta dengan persentase capaian 89,86%. Hasil penelitian pengembangan ini adalah perangkat CBT sebagai instrumen penilaian sumatif fisika SMA kelas X semester 2. This research aims to develop a computer-based assessment software or Computer Base Test (CBT) as a summative assessment instrument High School Physics class X semeste 2. CBT was developed using Wondershare Quiz Creator app. The research model used in this research is the development of research models Walter Dick, Lou Carey and James O.Carey that have been modified by Atwi Supaman namely Instructional Development Model (MPI). The instrument uses a Likert scale ratings. CBT product has been through a validation test by media experts with a percentage of 96.07%, test validation by subject matter experts with a percentage of 87.39%, and the validation test by assessment experts with the percentage of 87.61% achievement. The trial of educators conducted by physics teachers SMAN 31 Jakarta East and physics teachers SMAN 33 Jakarta west with the acquisition of a percentage of 98.58%. The trial is limited to students of SMAN 33 Jakarta. The trial results are limited to obtaining excellent scoring rate with a percentage of 88.35% achievement. After the revised field tested on students of SMAN 33 Jakarta with a percentage of 89.86% achievement. The results of this research is the development of CBT as summative assessment instruments semester of high school physics class X 2.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Fauzi Bakri, S.Pd., M.Si 2) Drs. Andreas Handjoko Permana, M.Si
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 01:33
Last Modified: 07 Apr 2022 01:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25955

Actions (login required)

View Item View Item