MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SDN CIPINANG MELAYU 07 PAGI JAKARTA TIMUR

FITRIYA ROS REZA, . (2017) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SDN CIPINANG MELAYU 07 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK INDO-ING.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (505kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (143kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (206kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (147kB)
[img] Text
MOTO.pdf

Download (108kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRISPSI..pdf

Download (289kB)
[img] Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text
SURAT KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis eksposisi pada siswa kelas IV Sekolah Dasar dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Cipinang Melayu 07 Pagi Jakarta Timur sebanyak 20 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan merefleksi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan pada setiap siklus. Keterampilan menulis eksposisi siswa siklus I, siswa yang mendapat nilai ≥ 70 mencapai 55%, sedangkan pada siklus II mencapai 80%. Untuk pemantau tindakan aktivitas guru dan siswa pada siklus I rata-rata mencapai 80,5%. Untuk pemantau tindakan aktivitas guru dan siswa pada siklus II rata-rata mencapai 90,5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menulis eksposisi pada siswa kelas IV SDN Cipinang Melayu 07 Pagi Jakarta Timur. Oleh sebab itu, guru perlu menggunakan pendekatan kontekstual dalam merancang keterkaitan materi dengan kehidupan siswa sehingga kegiatan pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan. This Research aims to improve the skills of writing exsposition in the fourth grade student of primary school by using the Contextual Approach. The samples were the fourth grade students of SDN Cipinang Melayu 07 Pagi Jakarta Timur totaling 20 students. The method was used classroom action research using a model Kemmis & Mc. Taggart. The data collection was done by using observation, testing, field notes, and documentation of the learning activities. Data analysis was performed by reflecting the activities that have been performed at each cycle. Exposition writing skills of students at the first cycle, student who scored ≥ 70 reached 55%, while in second cycle reached 80%. The observation of activities of teachers and students in the first cycle the average reached 80,5%, while in the second cycle reached 90,5%. It show that the use of contextual approach in Indonesian learning can improve the skills of writing a exposition of the fourth grade students of SDN Cipinang Melayu 07 Pagi East Jakarta. Therefore, teachers need to use the contextual approach by design a relation of material with the lives of students so that learning becomes meaningful and fun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Zulela MS, M.Pd. 2). Dr. Ir. Arita Marini, ME.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 01:35
Last Modified: 07 Apr 2022 01:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25956

Actions (login required)

View Item View Item