DESIGN RESEARCH: MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN PMRI PADA MATERI SISTEM KOORDINAT CARTESIUS DI KELAS VIII SMP DIPONEGORO 1 JAKARTA

INDAH KENCONO WULAN, . (2017) DESIGN RESEARCH: MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN PMRI PADA MATERI SISTEM KOORDINAT CARTESIUS DI KELAS VIII SMP DIPONEGORO 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4. ABSTRAK-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (214kB)
[img] Text
3.ABSTRACT.pdf

Download (83kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (525kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (897kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (257kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
12. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf

Download (118kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (299kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (193kB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi sistem koordinat merupakan kemampuan yang dibutuhkan siswa, khususnya pemahaman mengenai posisi titik dan garis pada sistem koordinat Cartesius. Kemampuan pemahaman konsep matematika tersebut mencakup kemampuan untuk mampu menjelaskan kembali ide-ide atau pengetahuan yang telah siswa pahami, mampu mengenali konsep yang berada pada konteks permasalahan yang berbeda, serta mampu menyelesaikan masalah matematika secara logis berkaitan dengan materi sistem koordinat Cartesius. Berdasarkan hasil tes kemampuan awal siswa di sekolah menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada sistem koordinat Cartesius tergolong rendah. Hal itu mendukung pelaksanaan penelitian ini yang bertujuan untuk mengembangkan teori pembelajaran lokal pada pengembangan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Diponegoro 1 Jakarta pada materi sistem koordinat melalui pendekatan PMRI. Penelitian tersebut dilakukan pada bulan April sampai Oktober 2016. Penelitian ini menggunakan metodologi design research yang terdiri dari tiga fase yang membentuk sebuah siklus. Fase pertama adalah fase persiapan dan desain, yakni fase pembuatan Hipotesis Lintasan Belajar (HLB) yang terdiri dari rangkaian aktivitas, berupa aktivitas mengamati dan menentukan notasi bidak pada papan catur, memainkan permainan Bear Pits, mengamati posisi sebuah kapal tenggelam, beberapa tim SAR, dan menara mercusuar pada sebuah peta melalui konteks kapal tenggelam, serta mengamati formasi Paskibra. Fase kedua adalah fase eksperimen pengajaran, yaitu fase dilaksanakannya pembelajaran matematika di kelas dan menggunakan HLB sebagai pedomannya. Fase terakhir adalah fase analisis retrospektif, berupa fase pembuatan analisis dari hasil kegiatan membandingkan HLB dengan berbagai sumber data pada proses belajar siswa sesungguhnya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan PMRI dapat mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi sistem koordinat. Aktivitas dengan papan catur dan permainan Bear Pits membantu siswa memahami posisi titik terhadap sumbu-x dan sumbu-y. Aktivitas mengamati posisi sebuah kapal tenggelam, beberapa tim SAR, dan menara mercusuar pada sebuah peta membantu siswa memahami posisi titik terhadap titik (0,0) dan titik tertentu (a,b). Aktivitas mengamati formasi Paskibra membantu siswa memahami posisi garis terhadap sumbu-x dan sumbu-y. Understanding mathematical concepts in coordinate system is ability that students need, especially an understanding of the position of points and lines on a Cartesian coordinate system. Understanding mathematical concepts that include the ability to be able to explain back ideas or knowledge that students understand, is able to identify concepts that are in the context of different problems, as well as capable of solving mathematical problems logically related to the Cartesian coordinate system materials. Based on the test results of the initial capabilities in 8th Grade Diponegoro 1 Jakarta Junior High School showed that the ability of students' understanding of mathematical concepts on a Cartesian coordinate system is low. It supports the implementation of this research that aims to develop local learning theory on developing understanding of mathematical concept in 8th Grade Diponegoro 1 Jakarta Junior High School on Cartesisn coordinate system through PMRI approach. The study was conducted from April to October 2016. In the current study, design research is chosen as a study approach. Design research consists three phases that form a cycle. The first phase is preparation and design. the phase of making Hypothetical Learning Trajectory (HLT) which consists of a series of activities, such as activities to observe and determine the notation pawns on a chess board, playing a game “Bear Pits”, determine the position of a ship, some rescue teams, and lighthouse tower on a map through the context of a sunken ship, and Paskibra formation. The second phase is teaching experiment, the phase of implementation of mathematics learning in the classroom and using HLT as guidelines. The third phase is retrospective analysis. In the retrospective analysis the HLT is compared with students’ actual learning. an analysis comparing the results of the HLB with multiple sources of data on actual student learning. The results obtained from this study indicate that the approach PMRI can develop the ability of understanding mathematical concepts students on material coordinate system. Activities with a chess board and Bear Pits game help students understand the position of the point x- axis and y-axis. Activities observing the position of a ship sunk, some rescue teams, and the tower of the lighthouse on a map helps students understand the position of the point to the point (0,0) and to a certain point (a,b). Activities observe the formation Paskibra help students understand the position of line to the x-axis and y-axis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Pinta D. Sampoerno, M.Si 2) Aris Hadiyan, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 01:43
Last Modified: 07 Apr 2022 01:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25961

Actions (login required)

View Item View Item