UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, SUMMARIZE, DAN TEST (PQRST) PADA POKOK BAHASAN PROGRAM LINEAR DI KELAS X-1 SMK KESDAM JAYA JAKARTA

INDAH PERMATA SARI, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, SUMMARIZE, DAN TEST (PQRST) PADA POKOK BAHASAN PROGRAM LINEAR DI KELAS X-1 SMK KESDAM JAYA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2. Lembar Persetujuan Sidang Skripsi.pdf

Download (571kB)
[img] Text
4. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (74kB)
[img] Text
3. Persembahan.pdf

Download (321kB)
[img] Text
1. Cover.pdf

Download (17kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (165kB)
[img] Text
7. Daftar Tabel.pdf

Download (150kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (86kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (346kB)
[img] Text
8. Daftar Gambar.pdf

Download (161kB)
[img] Text
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (160kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (192kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (828kB)
[img] Text
17. Biodata Penulis.pdf

Download (314kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (165kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (161kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui strategi PQRST pada pokok bahasan program linear di kelas X-1 SMK Kesdam Jaya Jakarta. Kemampuan pemecahan masalah matematis memiliki empat langkah penyelesaian, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, menyelesaikan masalah sesuai rencana, dan melakukan pengecekan kembali terhadap semua langkah yang telah dikerjakan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dan partisipatif. Tindakan dilaksanakan dalam 3 siklus dengan siklus I terdiri dari 3 pertemuan, siklus II terdiri dari 3 pertemuan, dan siklus III terdiri dari 1 pertemuan. Pada setiap siklus, siswa diberikan tes akhir siklus untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes, catatan lapangan, alat dokumentasi, dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui Strategi PQRST dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai tes akhir siklus kemampuan pemecahan masalah matematis subjek penelitian. SP1 pada siklus I adalah 41, meningkat pada siklus II menjadi 69, dan pada siklus III meningkat menjadi 74. Nilai tes akhir SP2 pada siklus I adalah 50, pada siklus II meningkat menjadi 67 dan pada siklus III meningkat menjadi 70. Nilai tes akhir siklus I SP3 adalah 30, pada siklus II meningkat menjadi 71, dan siklus III meningkat menjadi 72. Nilai tes akhir siklus I SP4 adalah 73, menurun menjadi 51 pada siklus II, dan pada siklus III meningkat menjadi 82. Nilai tes akhir SP5 pada siklus I adalah 79, pada siklus II meningkat menjadi 89 dan pada siklus III meningkat menjadi 100. Nilai tes akhir SP6 pada siklus I adalah 96, pada siklus II menurun menjadi 80 dan pada siklus III meningkat menjadi 100. Nilai tes akhir SP7 pada siklus I adalah 64, pada siklus II meningkat menjadi 82 dan pada siklus III meningkat menjadi 95. The purpose of this research is to increase student’s mathematics problem solving skill by using PQRST strategy in program linear subject in Class X-1 of SMK Kesdam Jaya Jakarta. Mathematics problem solving skill has four solving steps, they understand the problem, planning to solve the problem, solving the problem, and recheck all of the steps before. This research is an action research in class which held in collaborative and participative ways. Action in this research have done in 3 cycles, first cycle held in 3 meets, second cycle also in 3 meets, and third cycle in 1 meet. In every cycle, students were given post test in order to measure their mathematics problem solving skill. Instrument uses for collecting data in this research are observation instrument, test instrument, field note, documentation tools, and interviews manual. Collecting data method in this research was done by observation, test, interview, and documentation. Data analysis was done in descriptive qualitative and quantitative ways. The result of this research shows the use of PQRST strategy while learning mathematics can increase student’s mathematics problem solving skill. It is shows by increasing score of student’s post test in the end of the cycle. Score of research subject 1 is 41 in first cycle, 69 in second cycle, and 74 in last cycle. For research subject 2 scored 50 in first cycle, 67 in second cycle, and 70 in third cycle. Score of research subject 3 is 30 in first cycle, 71 in second cycle, and 72 in third cycle. For research subject 4 scored 74 in first cycle, decreased to 51 in second cycle, and increased again to 82 in third cycle. Score of research subject 5 is 79 in first cycle, 89 in second cycle, and 100 in last cycle. For research subject 6 scored 96 in first cycle, decreased to 80 in second cycle, and increased again to 100 in third cycle. Last is score of research subject 7 is 64 in first cycle, 82 in second cycle, and 95 in third cycle.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Wardani Rahayu, M.Si 2) Aris Hadiyan Wijaksana, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 01:55
Last Modified: 07 Apr 2022 01:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25966

Actions (login required)

View Item View Item