PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 229 JAKARTA

ANISA SEPTIAWATI, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 229 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (271kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN (SCAN).pdf

Download (363kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (86kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS (SCAN).pdf

Download (286kB)
[img] Text
11 a. BAB 1.pdf

Download (257kB)
[img] Text
11 a. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
11 c. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
11 d. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
11 e. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa di SMP Negeri 229 Jakarta semester genap tahun ajaran 2018/2019 pada materi Perbandingan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment (eksperimen semu). Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik simple random sampling dilakukan dengan memilih secara acak dua dari empat kelas berdistribusi normal, homogen, dan memiliki kesamaan rata-rata untuk dijadikan sebagai kelas eksperimen (model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending)) dan kelas kontrol (model pembelajaran konvensional). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan koneksi matematis pada materi Perbandingan sebanyak 4 soal uraian. Sebelum digunakan, instrumen tersebut telah melalui uji validitas isi, validitas konstruk, dan validitas empiris. Perhitungan reliabilitas dilakukan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar yang termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan perhitungan data hasil penelitian, data kedua kelas berasal dari populasi berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama atau homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis statistik dilakukan menggunakan statistik uji-t dengan varians yang sama. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai , maka tolak pada taraf signifikansi Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa di SMP Negeri 229 Jakarta pada taraf signifikansi = 0,05

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Tri Murdiyanto, M.Si ; 2). Dr. Ir. Bagus Sumargo, M.Si
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:29
Last Modified: 07 Apr 2022 03:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/25995

Actions (login required)

View Item View Item