PENGARUH KEIKUTSERTAAN DALAM KELOMPOK STUDI TERHADAP ECOLITERACY MAHASISWA BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

ANNISA USMANIA, . (2019) PENGARUH KEIKUTSERTAAN DALAM KELOMPOK STUDI TERHADAP ECOLITERACY MAHASISWA BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (299kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (445kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (310kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (397kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB)
[img] Text
10 a. BAB 1.pdf

Download (304kB)
[img] Text
10 b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
10 c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
10 d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
10 e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)

Abstract

Ecoliteracy merupakan melek ekologi yang penting dimiliki mahasiswa untuk mengatasi permasalahan lingkungan yang ada dan hidup berkelanjutan. Ecoliteracy memiliki 3 dimensi yaitu kepedulian, kompetensi praktis, dan pengetahuan. Salah satu hal yang dapat membangun ecoliteracy yaitu keikutsertaan dalam kelompok studi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keikutsertaan dalam kelompok studi terhadap ecoliteracy mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Jakarta pada bulan Mei 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Ex Post Facto. Terdapat 2 kelompok sampel yang berbeda dalam penelitian ini yaitu kelompok X1 berisi mahasiswa yang ikut serta dalam kelompok studi dan kelompok X2 berisi mahasiswa yang tidak ikut serta dalam kelompok studi. Jumlah sampel masing-masing kelompok sebanyak 32 mahasiswa Biologi Universitas Negeri Jakarta angkatan 2015. Data skor ecoliteracy diambil dengan menggunakan kuesioner ecoliteracy yang terdiri dari 3 bagian yaitu kepedulian, kompetensi praktis, dan pengetahuan. Data dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi α = 0,05. Dari hasil uji hipotesis diketahui tidak terdapat pengaruh keikutsertaan dalam kelompok studi terhadap ecoliteracy mahasiswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ade Suryanda, S.Pd., M.Si ; 2). Dr. Ratna Komala, M.Si
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 07 Apr 2022 04:46
Last Modified: 07 Apr 2022 04:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26023

Actions (login required)

View Item View Item