Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Creative Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Penyelesaian Soal Cerita di Kelas VIII SMP Swasta Berakreditasi A di Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur

KHUSNUL MAROM, . (2017) Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Creative Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Penyelesaian Soal Cerita di Kelas VIII SMP Swasta Berakreditasi A di Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (316kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (352kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (278kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (196kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (87kB)
[img] Text
5. LEMBAR MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (23kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (85kB)
[img] Text
10. DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (83kB)
[img] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (201kB)
[img] Text
12. BAB 1.pdf

Download (420kB)
[img] Text
16. BAB 5.pdf

Download (91kB)
[img] Text
15. BAB 4.pdf

Download (444kB)
[img] Text
14. BAB 3.pdf

Download (469kB)
[img] Text
13. BAB 2.pdf

Download (590kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
19. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (92kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (198kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam penyelesaian soal cerita pada siswa SMP Berakreditasi A di Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al Hikmah dan SMP Kartini 3 pada bulan Juli-Agustus 2017. Metode Penelitian yang digunakan adalah quasi experiment (eksperimen semu). Teknik Pengambilan sampel menggunakan teknik simpel random sampling dengan menentukan kelas eksperimen (model Creative Problem Solving) dan kelas kontrol (model konvensional) dari kelas yang dipilih secara acak. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan uji prasyarat analisis uji normalitas dengan uji Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fischer. Hipotesis pertama yang akan diuji yakni peningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan pengaruh model Creative Problem Solving di kelas eksperimen. Hasil pengujian di SMP Al Hikmah menunjukkan thitung= 5,309 dan ttabel= 1,691. Hasil pengujian di SMP Kartini 3 menunjukkan bahwa thitung= 1,962 dan ttabel= 1,692. Kedua hasil menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel sehingga H0 ditolak pada taraf signifikansi 5%. Hipotesis kedua yang akan diuji adalah peningkatan yang lebih tinggi di antara kedua kelas. Hasil pengujian di SMP Al Hikmah menunjukkan Dhitung= 1,645 dan Dtabel = 0,328. Hasil pengujian di SMP Kartini 3 menunjukkan bahwa thitung= 1,962 dan ttabel= 1,692. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai Dhitung>Dtabel dan thitung>ttabel sehingga H0 ditolak pada taraf signifikansi 5%. Hasil pengujian hipotesis di kedua sekolah memberikan simpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaaan model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap upaya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam penyelesaian soal cerita di kelas VIII SMP Swasta Berakreditasi A di Kecamatan Pulogadung JakartaTimur. The purpose of this research is to know about The effect of Creative Problem Solving’s learning model Implementation to stimulate students mathematics communication of words problem solving ability at eight grade of private junior high school (Accreditation A) in Pulogadung Regency, East Jakarta . This research taken a place in SMP Al Hikmah and SMP Kartini 3 at July-August 2017. Research method is quasi experiment. Sample technique is simpel random sampling technique with experiment class (Creative Problem Solving model) and control class (convensional class) from randomized class. Data analysis technique is t-test with preliminary analysis normality test of Kolmogorov Smirnov and homogeneity test of Fischer test. First hypothesis is to examine the improvement of communication mathematics ability as a result of effect of Creative Problem Solving model in experiment class. Examination result in SMP Al Hikmah shown that tcount= 5,309 and ttable= 1,691.Examination result in SMP Kartini 3 shown that tcount= 1,962 and ttable= 1,692. Both results shown that the value of tcount>ttable so H0 rejected at significance level 5%. Second Hypothesis is to examine which class that has greater improvement between experiment and control class. Examination result in SMP Al Hikmah Shown that Dcount= 1,645 and Dtable= 0,328. Examination result in SMP Kartini 3 shown that tcount= 1,962 and ttable= 1,692. Both results shown that the value of Dcount>Dtable and tcount>ttable so H0 rejected at significance level 5%. Hypothesis Examination results in both schools give conclusion that there is a effect of Creative Problem Solving’s Learning Model to stimulate students mathematics communication of words problem solving ability at eight grade of private junior high school (Accreditation A) in Pulogadung Regency, East Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Makmuri, M.Si 2) Dr. Lukita Ambarwati, S.Pd., M.Si
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:22
Last Modified: 07 Apr 2022 06:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26052

Actions (login required)

View Item View Item