HUBUNGAN ANTARA IKLIM SEKOLAH DAN KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL DENGAN KEADILAN GURU BIOLOGI (Studi Korelasi Guru Biologi SMA Negeri Kabupaten Lebak)

ASTRI LESTARI, . (2019) HUBUNGAN ANTARA IKLIM SEKOLAH DAN KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL DENGAN KEADILAN GURU BIOLOGI (Studi Korelasi Guru Biologi SMA Negeri Kabupaten Lebak). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
0. COVER PROPOSAL THESIS 22.pdf

Download (54kB)
[img] Text
0.1 PERSETUJUAN PANITIA UJIAN TESIS.pdf

Download (143kB)
[img] Text
0.2 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (141kB)
[img] Text
2.1 ABSTRAK B.INDO.pdf

Download (72kB)
[img] Text
2.3 KATA PENGANTAR.pdf

Download (80kB)
[img] Text
2.4 DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (99kB)
[img] Text
4. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
5. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
7. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)

Abstract

Konsep keadilan merupakan salah satu syarat untuk mendukung efektifitas sekolah. Faktorfaktor yang dapat mempengaruhi keadilan diantaranya adalah iklim sekolah dan peran kepemimpinan dimana iklim sekolah dan keteladanan pemimpin sebagai pengambil keputusan akan mempengaruhi keadilan warga sekolah dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara iklim sekolah dengan keadilan guru biologi, kepemimpinan instruksional dengan keadilan guru biologi, dan iklim sekolah dan kepemimpinan instruksional secara bersama-sama dengan keadilan guru biologi. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode dekriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah 60 guru biologi SMA Negeri di Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen iklim sekolah, kepemimpinan instruksional dan keadilan guru biologi. Analisis data dilakukan dengan mengunakan uji model regresi dengan taraf signifikansi α= 0,05 dan uji koefisien korelasi dengan uji Pearson Product Moment α=0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara iklim sekolah dengan keadilan guru biologi, terdapat hubungan positif antara kepemimpinan instruksional dengan keadilan guru biologi, serta terdapat hubungan positif antara iklim sekolah dan kepemimpinan instruksional secara bersama-sama dengan keadilan guru biologi. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan positif antara ketiga variabel yang diteliti. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya menyadari kualitas iklim sekolah, kepemimpinan instruksional serta menyadari pentingnya mempertimbangkan keadilan guru biologi.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Ratna Komala, M.Si ; 2). Dr. Rusdi, M. Biomed
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:16
Last Modified: 07 Apr 2022 06:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26053

Actions (login required)

View Item View Item