ASTRI LESTARI, . (2019) HUBUNGAN ANTARA IKLIM SEKOLAH DAN KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL DENGAN KEADILAN GURU BIOLOGI (Studi Korelasi Guru Biologi SMA Negeri Kabupaten Lebak). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
0. COVER PROPOSAL THESIS 22.pdf Download (54kB) |
|
Text
0.1 PERSETUJUAN PANITIA UJIAN TESIS.pdf Download (143kB) |
|
Text
0.2 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (141kB) |
|
Text
2.1 ABSTRAK B.INDO.pdf Download (72kB) |
|
Text
2.3 KATA PENGANTAR.pdf Download (80kB) |
|
Text
2.4 DAFTAR ISI.pdf Download (86kB) |
|
Text
3. BAB 1.pdf Download (99kB) |
|
Text
4. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
|
Text
5. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
|
Text
6. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) |
|
Text
7. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) |
Abstract
Konsep keadilan merupakan salah satu syarat untuk mendukung efektifitas sekolah. Faktorfaktor yang dapat mempengaruhi keadilan diantaranya adalah iklim sekolah dan peran kepemimpinan dimana iklim sekolah dan keteladanan pemimpin sebagai pengambil keputusan akan mempengaruhi keadilan warga sekolah dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara iklim sekolah dengan keadilan guru biologi, kepemimpinan instruksional dengan keadilan guru biologi, dan iklim sekolah dan kepemimpinan instruksional secara bersama-sama dengan keadilan guru biologi. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode dekriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah 60 guru biologi SMA Negeri di Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen iklim sekolah, kepemimpinan instruksional dan keadilan guru biologi. Analisis data dilakukan dengan mengunakan uji model regresi dengan taraf signifikansi α= 0,05 dan uji koefisien korelasi dengan uji Pearson Product Moment α=0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara iklim sekolah dengan keadilan guru biologi, terdapat hubungan positif antara kepemimpinan instruksional dengan keadilan guru biologi, serta terdapat hubungan positif antara iklim sekolah dan kepemimpinan instruksional secara bersama-sama dengan keadilan guru biologi. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan positif antara ketiga variabel yang diteliti. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya menyadari kualitas iklim sekolah, kepemimpinan instruksional serta menyadari pentingnya mempertimbangkan keadilan guru biologi.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Ratna Komala, M.Si ; 2). Dr. Rusdi, M. Biomed |
Subjects: | Sains > Ilmu Bumi > Biologi |
Divisions: | FMIPA > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 07 Apr 2022 06:16 |
Last Modified: | 07 Apr 2022 06:16 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26053 |
Actions (login required)
View Item |