PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD (Studi Eksperimen di Kelurahan Semper Barat Jakarta Utara)

HAYATI AMALIYAH, . (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD (Studi Eksperimen di Kelurahan Semper Barat Jakarta Utara). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (545kB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (26kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (0B)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (87kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (195kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (355kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (158kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (357kB)
[img] Text
10. BAB III .pdf

Download (765kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (93kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN 1-7 .pdf

Download (962kB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B SDN Semper Barat 15 Pagi Jakarta Utara. Siswa kelas IV A berjumlah 24 siswa dan kelas IV B berjumlah 25 siswa. Sehingga total siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 49 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk PretestPosttest Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi analisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD. Kesimpulan tersebut ditunjukkan dengan uji-t yang membuktikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel pada α = 0,05 yaitu 3,21 > 1,67 dan nilai rata-rata posttest kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata posttest kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol yaitu 24,36 > 19,13. This experimental study aims to determine the effect of the use of audio-visual media to the critical thinking skills for fourth grade social studies students. The sample in this research is class IV A and IV B of SDN 15 Pagi Semper Barat, North Jakarta. A fourth grade students amounted 24 students and class IV B amounted to 25 students. So the total students who become sample in this research is 49 students. Sampling using cluster random sampling. The design study is an experiment with form pretest-posttest control group design. The data collection is done by observation analysis using t-test. The results of this study indicate that there is significant influence on the use of audio-visual media to the critical thinking skills in social studies for fourth grade elementary school students. The conclusion indicated by ttest proving that tcount greater than ttable at α = 0,05 is 3,21 > 1,67 and the average value posttest critical thinking skills of students in the experimental class is higher than the average value posttest critical thinking skills of students in the control class 24,36 > 19,13.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yustia Suntari, S.Pd., M.Pd. 2). Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:23
Last Modified: 07 Apr 2022 06:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26059

Actions (login required)

View Item View Item