UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA TENTANG PECAHAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS IV SDN BATU AMPAR 01 PAGI CONDET JAKARTA TIMUR

HERNY PRASETIANINGSIH, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA TENTANG PECAHAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS IV SDN BATU AMPAR 01 PAGI CONDET JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4_Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (560kB)
[img] Text
5_KATA PENGANTAR.pdf

Download (89kB)
[img] Text
2_Lembar Persetujuan Skripsi.pdf

Download (608kB)
[img] Text
3_ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
1_cover.pdf

Download (37kB)
[img] Text
7_DAFTAR ISI.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (792kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (501kB)
[img] Text
Lampiran (1) 1 RPP SIK 1 PER 1.pdf

Download (410kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Lampiran (6)DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (107kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendapatkan data empirik tentang peningkatan pemahaman konsep matematika melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam pembelajaran matematika materi pecahan di kelas IV SDN Batu Ampar 01 Pagi Condet Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pada siklus I, persentase siswa yang mencapai nilai evaluasi ≥ 73 sebesar 53,6%. Adapun data untuk pemantau tindakan pembelajaran dengan pendekatan RME pada siklus I sebesar 70,03%. Namun, hasil tersebut belum memenuhi target penelitian sebesar 80%. Oleh karena itu, penelitian berlanjut pada siklus II. Pada siklus II, persentase siswa yang mencapai hasil evaluasi ≥ 73 meningkat menjadi 100% dan pemantau tindakan pembelajaran meningkat menjadi 86,27%, dikarenakan data hasil belajar pada siklus II sudah mencapai target, maka penelitian berhenti pada siklus II. Dari hasil penelitian, dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika tentang pecahan. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat dijadikan pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman matematika di Kelas IV SDN Batu Ampar 01 Pagi Condet Jakarta Timur. This classroom action research aims to obtain empirical data about the increased understanding of mathematical concepts through an approach Realistic Mathematics Education (RME) in mathematics learning material fractions in fourth grade SDN Batu Ampar 01 Pagi Condet East Jakarta. This research was conducted using the method of classroom action research consisted of two cycles of the four activities, namely planning, action, observation and reflection. Based on the results obtained from the data in the first cycle, the percentage of students who achieve the evaluation value ≥ 73 amounted to 53.6%. The data for monitoring action learning approach RME on the first cycle of 70.03%. However, these results do not meet the target of the study was 80%. Therefore, research continues on the second cycle. In the second cycle, the percentage of students who achieve the evaluation results ≥ 73 increased to 100% and monitors the act of learning increased to 86.27%, due to the learning outcomes data on the second cycle has reached the target, then the research stops at the second cycle. From the results, it can be stated that by using the approach of Realistic Mathematics Education (RME) to enhance understanding of mathematical concepts about fractions. It can be concluded that the study of mathematics by using the approach of Realistic Mathematics Education (RME) can be used as a learning approach to improve the understanding of mathematics in fourth Grade SDN Batu Ampar 01 Pagi Condet East Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Maratun Nafiah, M.Pd. 2). Drs. Andi Ali Saladin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:47
Last Modified: 07 Apr 2022 06:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26074

Actions (login required)

View Item View Item