IMAM SYAFRIZAL, . (2017) PERBANDINGAN DISPOSISI MATEMATIS ANTARA PENGGUNAAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DAN METODE REACT PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (Studi Komparatif di Kecamatan Tebet Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (64kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (146kB) |
|
Text
1. COVER.pdf Download (23kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (88kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (181kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (155kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (176kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (352kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (536kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (259kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (91kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
|
Text
23. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (96kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (315kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (267kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN INSTRUMEN.pdf Download (213kB) |
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan disposisi matematis antara penggunaan metode penemuan terbimbing dan metode REACT pada siswa kelas V sekolah dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A dan kelas V-C di SDN Kebon Baru 09 Jakarta Selatan. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain pre and post tes group design. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket dan dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan metode penemuan terbimbing memiliki disposisi matematis yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar menggunakan metode REACT. Hasil ini menunjukkan bahwa metode penemuan terbimbing lebih dapat meningkatkan disposisi matematis dibandingkan metode REACT. Oleh sebab itu, guru perlu memilih metode yang tepat untuk dapat meningkatkan disposisi matematis siswa. This experiment was intended to find the comparison of mathematic disposition between guided discovery method and REACT method of 5 th grade students’ primary school. The sample of this experiment was 5A and 5C class at SDN Kebon Baru 09 East Jakarta. The technique of getting the sample was simple random sampling. The method of this experiment is pre and post test group design. Data were collected throught questionnaires and analyzed by t-test. The result of the research showed that students who learned by guided discovey have higher mathematic disposition than REACT method. The result of this research showed that guided discovery method is more increase mathematic disposition than REACT method. Thus, teachers have to choose appropriate method can increase students’ mathematic disposition.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Yurniwati, M.Pd. 2). Drs. Budiman Rajaguguk, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 09 Apr 2022 04:45 |
Last Modified: | 09 Apr 2022 04:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26157 |
Actions (login required)
View Item |