PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY AND REPETITION (AIR) DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE)

MARIA OKTAVIANEY ROSA GRATIA P.Y, . (2016) PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY AND REPETITION (AIR) DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (15kB)
[img] Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (92kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
2. ABSTRAK (indonesia).pdf

Download (294kB)
[img] Text
2. ABSTRAK (inggris).pdf

Download (175kB)
[img] Text
8. HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (419kB)
[img] Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (192kB)
[img] Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (172kB)
[img] Text
5. DAFTAR TABEL.pdf

Download (252kB)
[img] Text
Lampiran 5.pdf

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text
5. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (241kB)
[img] Text
4. BIODATA PENULIS.pdf

Download (115kB)
[img] Text
3 PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan membandingkan model pembelajaran Auditory Intelectually and Repetition (AIR) dan Student Facilitator and Explaining (SFE). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII di SMPN 74 Jakarta semester genap tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Two Stage Sampling yaitu purposive sampling dan cluster random sampling. Kedua kelas eksperimen yang dipilih berasal dari populasi yang berdistribusi normal, memiliki varians yang homogen dan mempunyai kesamaan rata-rata. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis sebanyak 2 soal uraian. Instrumen tersebut telah melalui uji validitas isi, validitas konstruk dan validitas empirik. Perhitungan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan Cronbach’s Alpha dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,6186 dengan kategori cukup. Berdasarkan data hasil penelitian, kelas eksperimen I (pembelajaran AIR) dan kelas eksperimen II (pembelajaran SFE) berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t pada taraf signifikansi a= 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh thitung= 2,1080, dk=69 dan ttabel= 1,9949 sehingga thitung>ttabel, maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran AIR lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran SFE. The purpose of this study was to determine learning model that increase student’s ability in communication mathematics by comparison between Auditory Intellectually and Repetition (AIR) and Student Facilitator and Explaining (SFE). The population of this study was student of grade VIII SMP N 74 Jakarta in second half academic year 2015/1026. This research method is a quasi experimental. The experiment classes are chosen from population that has similar abilities. The instrument is two questions that measure student’s ability in communication mathematics. The instrument was validated in content validity, construct validity and empiric validity. The reliability used Cronbach’s Alpha and the result is 0,6186 in sufficient category. The result showed that the data of two classes have a normal distribution and same variance. Hypothesis testing used a= 0,05. Based on the calculation, thitung= 2,1080, dk=69 and ttabel= 1,9949, so thitung>ttabel that mean H0 was rejected. So the conclusion is learning using AIR model increase student’s ability in communication mathematic higher than SFE model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Ir. Fariani Hermin, MT 2) Ria Arafiah, M.Si
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 01:13
Last Modified: 11 Apr 2022 01:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26201

Actions (login required)

View Item View Item