PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN DI JAKARTA TIMUR

JIA ILHAMIA, . (2017) PENGARUH PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN DI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (350kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (388kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (189kB)
[img] Text
RPP EKSPERIMEN PER KE 1-2.pdf

Download (235kB)
[img] Text
MOTTO.pdf

Download (131kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (34kB)
[img] Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN .pdf

Download (35kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (140kB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui data secara empiris tentang pengaruh pendekatan open ended terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas IV SDN di Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN sebanyak 58 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik Multistage Cluster Random Sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain pretest posttest only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes tertulis bentuk uraian. Instrumen tersebut diuji dengan pengujian normalitas dan homogenitas dan dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, sedangkan analisis dengan perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 9,43, sedangkan harga ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 dengan ttabel 1,67. Artinya, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis (H1) diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh positif pendekatan open ended terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas IV SD. Hasil ini menujukkan bahwa open ended dapat dijadikan sebagai salah satu pendekatan dalam mengembangkan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas IV SD dalam pembelajaran matematika. This experimental research aims to find empirical data on the effect of open ended on mathematical problem solving abilities of 4th grade students East Jakarta. This research was conducted east Jakarta. The sample in this study is the fourth grade students of SDN east Jakarta by 58 students. This sampling using multistage cluster random sampling technique. The method used is an experimental method with pretest posttest design only control design. The data collection is done by the written test instruments in narrative form. The instrument was tested with normality and homogeneity test and analyzed using t-test. The test results of normality and homogeneity indicates that the normal distribution of data, while the analysis of the t-test calculations obtained of 9.43, while the price of ttable at significant level α = 0.05 with ttabel = 1.67. That is, the null hypothesis (H0) is rejected and the hypothesis (H1) is accepted. Thus there is a positive effect of open ended approach towards problem solving abilities of 4th grade math student. These results indicate that the Open Ended can be used as one approach to developing the ability to solve mathematical problems of 4th grade students in mathematics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Iva Sarifah, M.Pd. 2). Dra. Marwati Mansyur, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 01:18
Last Modified: 11 Apr 2022 01:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26205

Actions (login required)

View Item View Item