GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMPIT) UMMU’L QURO DEPOK

JUJUN JUNAEDI, . (2017) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMPIT) UMMU’L QURO DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III - JUN.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB IV -JUN.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB I - JUN.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB II - JUN.pdf

Download (343kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB V-JUN.pdf

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (107kB)
[img] Text
COVER-JUN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran 1 AGENDA PENELITIAN.pdf

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang gaya kepemimpinan Kepala Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Ummul Quro Depok. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2016 sampai dengan bulan Januari 2017. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu Kepala Sekolah sebagai key informan dan beberapa informan pendukung antara lain, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Wakil Kepala Sekolah Bagian kesiswaan, Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan IPA, serta penanggung jawab Tata Usaha. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, Kepala sekolah dalam melakukan kepemimpinannya dalam proses pengambilan keputusan lebih cenderung menggunakan gaya kepemimpinan demokratis dan partisipatif. Dalam melakukan pendelegasian kepala sekolah lebih cenderung menggunakan gaya kepepimpinan partisipatif. Kepala Sekolah hendaknya lebih meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya sebagai pengambil keputusan dan pemberi delegasi dengan cara memanfaatkan informasi dari berbagai media dan sharing dengan beberapa kepala sekolah lain. This study aimed to describe the leadership style of Principal Islamic Junior High School Ummul Quro Depok. The research was conducted from August 2016 to January 2017. The researchers used a qualitative approach with descriptive methods. Data collected through interviews, observation and documentation. Source data from this study is the Principal as key informants and informants supporting. They are Vice Principal of Student Affairs, Vice Principal Section student, Subject Teacher Indonesian and Science, and an Administratrator. Based on the results of research and data analysis, principal in conducting leadership in the decision making process is more likely to use democratic and participative leadership style. In delegating principals are more likely to use participative Leadership style. Principal should further enhance their knowledge and skills as decision makers and providers of delegates by utilizing information from any media and sharing with other principals.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Winda Dewi Listyasari, M.Pd. 2). Dr. Supadi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 01:27
Last Modified: 11 Apr 2022 01:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26212

Actions (login required)

View Item View Item