ANALISIS KOMPETENSI SOCIAL EMOTIONAL SISWA MELALUI PENDEKATAN SOCIAL EMOTIONAL LEARNING DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN REDOKS

MAULIDYA VIRGINANTI, . (2017) ANALISIS KOMPETENSI SOCIAL EMOTIONAL SISWA MELALUI PENDEKATAN SOCIAL EMOTIONAL LEARNING DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN REDOKS. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
(3) kata pengantar-daftar lampiran.pdf

Download (161kB)
[img] Text
(4) BAB I-VI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
(1) Abstrak-Abstract.pdf

Download (155kB)
[img] Text
(6) Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
(7) RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (20kB)
[img] Text
(5) Daftar Pustaka.pdf

Download (0B)
[img] Text
lembar pernyataan keaslian.pdf

Download (300kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (98kB)
[img] Text
lembar persetujuan.pdf

Download (322kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi social emotional siswa dengan mengintegrasikan Social Emotional Learning (SEL) pada pembelajaran kimia. Beberapa penelitian menunjukkan integrasi SEL dalam proses pembelajaran maupun program sekolah mampu meningkatkan partisipasi dan motivasi belajar siswa, kemampuan mengelola emosi, tekanan akademik maupun sosial, membangun hubungan yang positif dengan orang lain, kemampuan pemecahan masalah dan membuat keputusan yang bertanggung jawab. Pembelajaran kooperatif dan penggunaan skenario kehidupan nyata merupakan beberapa pendekatan yang direkomendasikan SEL untuk mengembangkan kompetensi social emotional siswa. Hal ini sejalan dengan tujuan pencapaian kompetensi sikap sosial pada implementasi kurikulum 2013 di Indonesia sekaligus menjawab tantangan yang dihadapi guru dalam menerapkan pendekatan pembelajaran yang sesuai untuk mengembangkan kompetensi tersebut. Melalui pendekatan kualitatif peneliti menganalisis penerapan pembelajaran Group Investigation yang diintegrasikan dengan pembahasan skenario kehidupan nyata terkait konsep reaksi redoks dengan berbagai metode seperti observasi, wawancara, jurnal reflektif, dan lembar kerja siswa. Hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas X tahun ajaran 2016/2017 ini menemukan beberapa kompetensi social emotional siswa seperti motivasi belajar kimia, hubungan siswa dengan teman kelasnya, toleransi, kerja sama, dan mengambil keputusan melalui pemecahan masalah terkait dirinya, orang lain maupun lingkungan muncul dan berkembang selama proses pembelajaran. Penelitian ini menunjukkan SEL melalui metode kooperatif dan pembelajaran kontekstual dapat diintegrasikan pada pembelajaran kimia untuk mengembangkan kompetensi social emotional siswa. This article portrays the study of students’s social emotional competencies through Social Emotional Learning (SEL) integration in chemistry learning. Researchs has been suggested SEL’s integration in learning activity and school based program as a way to enhance students motivation and participation in learning, emotional management skills in social and academic problem, develop positive relationship with others, problem solving skills, and responsible decision making. Cooperative learning and real life scenario are some of teaching practices for facilitating Social Emotional Learning (SEL) and promotes students’s social emotional competencies. This was aligned with affective competencies in Indonesia’s 2013 curricula. The proposed teaching practices also answer the challenges faced by teacher in the implementation of the 2013 curricula, finding a proper teaching practices to integrate to develop student’s character through learning activity. The empirical work of the study is based on qualitative approach. Six Group Investigation’s stage integrated with the use of real life scenario was analyse through various method such as observations, interviews, reflective journals, and student’s worksheets answer. The results found that students’s social emotional competencies has been developed and seen through positive attitudes and perspective’s change towards chemistry learning, establish positive relationship with peers, cooperative skill, tolerance, and responsible decision making by considered himself, others, and community within the learning process.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Yuli Rahmawati, Ph.D 2) Dr.Fera Kurniadewi, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 01:34
Last Modified: 11 Apr 2022 01:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26217

Actions (login required)

View Item View Item