MEGA RAHMAWATI, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII-8 SMPN 216 JAKARTA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW (PQ4R). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. HAL. AWAL.pdf Download (423kB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (254kB) |
|
Text
0. ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Download (497kB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Download (97kB) |
|
Text
4. BAB III.pdf Download (328kB) |
|
Text
10. BIODATA PENULIS.pdf Download (14kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
|
Text
0. ABSTRACT.pdf Download (63kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan hasil tes awal kemampuan komunikasi matematis yang dilakukan di kelas VIII-8 SMPN 216 Jakarta, kemampuan komunikasi matematis siswa masih berada pada kriteria C, sehingga kemampuan tersebut perlu ditingkatkan. Dalam hal ini, strategi PQ4R dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas. Strategi PQ4R terdiri dari enam tahap, yaitu preview, question, read, reflect, recite, dan review. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII-8 SMPN 216 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dan tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siswa diberi tes pada setiap akhir siklus untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini berlangsung dari bulan April sampai Mei 2016 pada materi Bangun Ruang Sisi Datar di kelas VIII-8 SMPN 216 Jakarta tahun ajaran 2015/2016, dengan jumlah 36 orang siswa dan enam orang siswa sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui strategi PQ4R dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata skor tiap subjek penelitian di setiap siklus. Skor SP1 mencapai 3 pada siklus1, 3,33 pada siklus 2, dan 4 pada siklus 3. Skor SP2 mencapai 3 pada siklus 1, 3 pada siklus 2, dan 3,67 pada siklus 3. Skor SP3 mencapai 3 pada siklus 1, 2,67 pada siklus 2, dan 3,33 pada siklus 3. Skor SP4 mencapai 2,67 pada siklus 1, 3 pada siklus 2, dan 3,33 pada siklus 3. Skor SP5 mencapai 1,67 pada siklus 1, 2 pada siklus 2, dan 3 pada siklus 3. Skor SP6 mencapai 2 pada siklus 1, 2,67 pada siklus 2, dan 3 pada siklus 3. Jumlah siswa yang berhasil mendapatkan kriteria B juga meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus 1 adalah 16 siswa atau 44,44% dari jumlah seluruh siswa. Pada siklus 2 sebanyak 20 siswa atau 55,56% dari jumlah seluruh siswa. Dan pada siklus 3 sebanyak 28 siswa atau 77,78% dari jumlah seluruh siswa. Based on observation and initial tests of mathematical communication skills Students Class VIII-8 216 Jakarta Junior High School, there are still at the criteria C, so these capabilities need to be improved. In this case, the PQ4R strategy can be used as an alternative in the implementation of learning mathematics in the classroom. PQ4R strategy consists of six stages, namely preview, question, read, reflect, recite, and reviews. This study aims to improve the mathematical communication skills of students class VIII-8 216 Jakarta Junior High School. This research is a classroom action research carried out in three cycles, and each cycle consisting of four phases: planning, implementation, observation, and reflection. Students are given a test at the end of each cycle to measure their mathematical communication skills. The research lasted from April to May 2016 on Chapter Flat Side Geometry in Class VIII-8 216 Jakarta Junior High School Period 2015/2016, the total number of students are 36 and six students as research subject. The result showed that the learning of mathematics through PQ4R strategy can improve students’ mathematical communication skills. It is shown by an increase in the average score of each research subject in every cycle. RS1 score reached 3 in cycle 1, 3.33 in cycle 2, and 4 in cycle 3. RS2 score reached 3 in cycle 1, 3 in cycle 2, and 3.67 in cycle 3. RS3 score reached 3 in cycle 1, 2.67 in cycle 2 and 3.33 in cycle 3. RS4 score reached 2.67 in cycle 1, 3 in cycle 2, and 3.33 in cycle 3. RS5 score reached 1.67 in cycle 1, 2 in cycle 2, and 3 in cycle 3. RS6 score reached 2 in cycle 1, 2.67 in cycle 2, and 3 in cycle 3. The number of students who reached the criteria B also increased in each cycle. In cycle 1 is 16 students or 44.44% of the total number of students, in cycle 2 is 20 students or 55.56%, and in cycle 3 is 28 students or 77.78%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Sri Utami, M.Pd 2) Drs. Sudarwanto, M.Si, DEA, |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 02:11 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 02:11 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26232 |
Actions (login required)
View Item |