MUHAMAD HARLY ISHAI ARJAYADI, . (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN CASE BASED LEARNING INSTRUCTION PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TENTANG MATERI LAJU REAKSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI M.HARLY ISHAI A..pdf Download (5MB) |
|
Text
ABSTRAK B INGGRIS.pdf Download (87kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Case Based Learning Instruction terhadap hasil belajar siswa kelas XI tentang materi laju reaksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMAN 48 Jakarta tahun ajaran 2016/2017. Teknik sampling yang digunakan adalah Sampling Purposive, yang diperoleh kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran Case Based Learning Instruction dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran 5M yang masing-masing berjumlah 36 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar kimia berupa soal pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t. Rata-rata hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen adalah 76,8 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 73,28. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar kimia pada kelas eksperimen dan kelas kontrol (thitung = 1,143; ttabel = 1,672 sehingga thitung < ttabel). Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Case Based Learning Instruction tidak signifikan berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI pada materi laju reaksi. The purpose of this research was to know the effect of Case Based Learning Instruction model toward the learning outcome of grade XI students in Reaction Rate subject. This research used Quasi Experiment methods, Nonequivalent Control Group Design. Samples were selected with purposive sampling techniques and determined X MIA 2 as an experimental class and X MIA 5 as the control class. Experiment class was taught by Case Based Learning Instruction model and control class was taught by 5E model. The result shows that the tvalue is 1,143 smaller than ttable is 1,672 on dk = 69 so it can be concluded that there is no significant difference between the reaction rates of learning outcomes given a group of students learning Case Based Learning Instruction with a given group of students learning 5E. No significant difference indicates that the learning model application Case Based Learning Instruction has no significant effect on learning outcomes solution reaction rate.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Drs. Sukro Muhab, M.Si 2) Dr. Yusmaniar, M.Si |
Subjects: | Sains > Kimia |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 03:48 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 03:48 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26289 |
Actions (login required)
View Item |