LATIHAN ASERTIF UNTUK MENGATASI TEKANAN TEMAN SEBAYA NEGATIF PADA SISWA KELAS VIII SMP (Studi Kuasi Eksperimen di SMP Negeri 2 Jakarta)

LISDHA NURAKIDA, . (2016) LATIHAN ASERTIF UNTUK MENGATASI TEKANAN TEMAN SEBAYA NEGATIF PADA SISWA KELAS VIII SMP (Studi Kuasi Eksperimen di SMP Negeri 2 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (477kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB I - V.pdf

Download (822kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Lamp. Analisis Data.pdf

Download (0B)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemberian pelatihan asertif dalam mengatasi tekanan teman sebaya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jakarta. Desain penelitian ini adalah nonrandomized pretestposttest control-group design dimana subjek penelitian adalah 16 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jakarta yang terbagi menjadi dua buah kelompok eksperimen, yaitu kelompok yang diberi perlakuan pelatihan asertif dan kelompok kontrol yang tidak diberi pelakukan pelatihan asertif. Alat ukur dalam penelitian ini adalah Skala Tekanan Teman Sebaya yang diadaptasi dari alat ukur Peer Pressure Inventori (PPI) oleh Clasen dan Brown. Analisis data menggunakan uji parametris T-Test menujukkan nilai t=-1,438 (- t<2,365) dan p=0,194 (p<0,05) dengan skor rata-rata pada kelompok eksperimen adalah 50,25 dan skor rata-rata pada kelompok kontrol adalah 64,00. Nilai rata-rata ini dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan pada kedua kelompok sebesar 13,75. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian pelatihan asertif untuk mengurangi tekanan teman sebaya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jakarta. The purpose of this study is to determine the effect of assertiveness training in dealing with peer pressure on 8th grade students of SMP Negeri 2 Jakarta. This experimental design of this study is nonrandomized pretest-posttest control-group where the subjects were 16 students who were divided into two experimental groups, one is a group was given treated assertiveness training, another is control group was given no treatment. The measurement of this study is Scale Peer Pressure which was adapted from Peer Pressure Inventory (PPI) by Clasen and Brown. The data analysis using T-Test showed the value of t = -1,438 (-t <2,356) and p = 0.194 (p <0.05) with the average score of treated group was 50,25 and the average score of untreated group was 64. This result showed that there is a difference average value in both groups as much as 13.75. Thus, it can be concluded that there influence of assertiveness training to reduce peer pressure on 8th grade students of SMP Negeri 2 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Atiek Sismiati Subagjo. 2). Dr. Awaluddin Tjalla, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 04:08
Last Modified: 11 Apr 2022 04:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26302

Actions (login required)

View Item View Item