KHOIRUN NISA, . (2017) INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PELATIHAN “PENGUATAN KARAKTER” DI SMK NEGERI 26 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Khoirunisa 4115133774.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan awal yang dilakukan oleh peneliti saat observasi PKM di SMK Negeri 26 Jakarta bahwa SMK Negeri 26 Jakarta memiliki keunikan tersendiri dalam menerapkan atau menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik melalui berbagai macam pelatihan, salah satunya seperti pelatihan “Penguatan Karakter”. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan data empris mengenai internalisasi nilai-nilai karakter dalam pelatihan “Penguatan Karakter” di SMK Negeri 26 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berarti penelitian ini dimaksudkan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan objek penelitian dengan apa adanya. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan oleh peneliti untuk melihat dan mengamati secara langsung fenomena yang terjadi dilingkungan SMKN 26 Jakarta. Wawancara yang dilakukan berjumlah enam informan peserta didik dan tiga key informan. Dokumentasi yang diperoleh berupa foto kegiatan pelatihan “Penguatan Karakter”, foto sarana dan prasarana serta pendukung lainnya, rekaman suara wawancara, dokumen buku pedoman tata tertib dan tata krama peserta didik, dan dokumen profil SMKN 26 Jakarta. Expert opinion dalam penelitian ini diperoleh dari Pengawas/Koordinator Suku Dinas Pendidikan Wilayah 1 Jakarta Timur yakni, Sugeng Priyana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses internalisasi nilai-nilai karakter dalam pelatihan “Penguatan Karakter” dilakukan oleh guru/pendidik kepada peserta didiknya melalui berbagai tahap kegiatan seperti: pertama, tahap transformasi nilai ialah guru/pendidik memberikan atau menyampaikan pengetahuan/pemahaman mengenai nilai-nilai karakter yang harus dimiliki oleh setiap peserta didiknya, baik nilai karakter religius, disiplin, peduli lingkungan, dan jujur. Selanjutnya, pada tahap transaksi nilai yaitu guru/pendidik ikut terlibat dalam melaksanakan, menjalankan, dan melakukan hal-hal yang telah dibicarakan bersama peserta didik saat pelatihan “Penguatan Karakter” mengenai nilai karakter religius, disiplin, peduli lingkungan, dan jujur. Terakhir, tahap transinternalisasi yakni guru/pendidik terus berupaya memberikan keteladanan kepada peserta didik dalam kehidupan sehari-hari disekolah, baik dalam nilai karakter religius, disiplin, peduli lingkungan, dan jujur. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa internalisasi nilai-nilai karakter yang dilakukan di SMK Negeri 26 Jakarta dalam pelatihan “Penguatan Karakter” sudah sesuai berdasarkan tahapan proses internalisasi dalam mengembangkan pendidikan karakter disekolah. This study is based on the results of initial observations made by researchers at the observation of PKM at SMK Negeri 26 Jakarta. SMK Negeri 26 Jakarta has its own uniqueness in applying or instilling values for learners through various training, one such as training “The Strengthening Of Character”. This research is for information and empirical data about internalization of character values in training “The Strengthening Of Character” in SMK Negeri 26 Jakarta. The method used in this research is descriptive method with qualitative approach which means this research to analyze and interpret the object of research. Took a data from observation, interview, and documentation. Observations conducted by researchers to see and cause directly the phenomenon that occurred in SMKN 26 Jakarta. Interviews conducted by six informants and three key informans. The documentation “Character Building Strengthening” are activities, photo facilities and other supporting facilities, interview sound recording, documents and SMKN 26 Jakarta profile documents. Expert Opinion in this research from Coordinator of East Jakarta District Education Office, Sugeng Priyana. The results showed. The process of mastery of the characters is done by the teacher/educator to the students through various stages of activities such as: first, the transformation stage of the teacher/educator values to give or share the knowledge/value of the characters that must be owned by each learner, good religious character, discipline, caring for the environment, and being honest. Furthermore, at the transaction stage the teachers/educators are involved in the implementation, running, and doing things that have been discussed with the learner during the “The Strengthening Of Character” training on religious, disciplinary, environmental. Lastly, the transinternalization stage by teachers/educators continuously gives exemplary to learners in daily life in school, whether in terms of religious character, discipline, environmental care, and honest. Based on the research it can be concluded that the internalization of character values conducted in SMK Negeri 26 Jakarta in training “The Strengthening Of Character” is in accordance with the process of internalization process in developing character education in school.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Sarkadi, M.Si 2) Drs. Agus Martono, M.Sc |
Subjects: | Ilmu Politik > Pancasila |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 05:26 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 05:26 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26310 |
Actions (login required)
View Item |