LUTFI CAHAYA WAHYU, . (2016) EVALUASI PROGRAM KURIKULUM BERDASARKAN STANDAR PROSES DI SEKOLAH DASAR NEGERI PISANGAN TIMUR 10 PAGI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Daftar riwayat hidup.pdf Download (76kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (332kB) |
|
Text
Lembar Judul.pdf Download (43kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
Lembar Kata Pengantar.pdf Download (229kB) |
|
Text
Lembar Abstrak.pdf Download (149kB) |
|
Text
Lembar Daftar Isi.pdf Download (153kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf Download (15MB) |
|
Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (16MB) |
|
Text
Lutfi Cahaya Wahyu BAB IV.pdf Download (914kB) |
|
Text
Lutfi Cahaya Wahyu BAB V.pdf Download (150kB) |
|
Text
Lutfi Cahaya Wahyu BAB II.pdf Download (378kB) |
|
Text
Lutfi Cahaya Wahyu BAB I.pdf Download (168kB) |
|
Text
Lutfi Cahaya Wahyu BAB III.pdf Download (185kB) |
Abstract
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan merupakan kurikulum yang masih digunakan oleh sebagian sekolah di Indonesia. Sekolah Dasar Negeri Pisangan Timur 10 Pagi juga merupakan salah satu sekolah yang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Diberikannya otonomi dalam pengembangan kurikulum, maka sekolah mendapat tanggung jawab penuh dalam merancang kurikulum yang akan mereka gunakan dalam satu tahun ajaran. Tentu dengan memperhatikan kearifan lokal, potensi lokal, dan kesiapan dari sekolah itu sendiri. Standar Proses merupakan salah satu dari 8 Standar Nasional Pendidikan yang di dalamnya terdapat tata cara pelaksanaan pembelajaran di kelas. Pada penelitian ini peneliti melaksanakan penelitian di SDN Pisangan Timur 10 Pagi menggunakan metode deskriptif evaluatif dan model evaluasi Context, Input, Proccess, Product. Model ini digunakan karena pembagian keempat komponen yang ada memudahkan peneliti dalam mengevaluasi kegiatan standar proses di tempat penelitian. Penelitian yang dilaksanakan memberikan beberapa gambaran serta beberapa peniliaian dari peneliti sendiri berdasarkan instrument yang peneliti gunakan di antaranya seperti kesesuaian pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, media pembelajaran, kualifikasi dan kompetensi guru, program supervisi, dan 11 komponen akreditasi sesuai ketentuan Badan Akreditasi Nasional. Hasil yang diperoleh untuk komponen konteks adalah kesesuaian tujuan, latar belakang, dan prinsip pengembangan kurikulum dengan peraturan pemerintah. Untuk komponen Input perangkat pembelajaran serta kualifikasi dan kompetensi guru telah sesuai dengan ketentuan peraturan. Komponen proses pelaksanaan kurikulum dan supervisi sesuai dengan peraturan, dan yang terakhir komponen produk dengan 11 komponen standar proses mendapatkan skor 97,72 yang menandakan bahwa pelaksanaan standar proses di sekolah ini memenuhi kriteria sangat baik dan direkomendasikan untuk digunakan kembali pada tahun ajaran berikutnya. Curriculum Education Unit is a curriculum that is still used by some schools in Indonesia. State Elementary School 10 East Pisangan morning is also one of the schools using Curriculum Education Unit. The granting of autonomy in curriculum development, the school gets full responsibility in designing the curriculum that they will use in one school year. Of course with attention to local wisdom, local potential, and readiness of the school itself. Standard Process is one of eight National Education Standards in which there are procedures for the implementation of learning in the classroom. In this study, researchers carrying out research in East Pisangan SDN 10 Pagi using descriptive evaluative methods and evaluation models Context, Input, proccess, Product. This model is used for the distribution of the four components that are easier for researchers to evaluate the activities of the research process standards in place. Studies conducted to give some overview as well as some of the researchers themselves based SSR assessment instrument that researchers use in the manufacture of which such conformity lesson plans, instructional media, qualifications and competence of teachers, program supervision, and 11 components in accordance with the accreditation of the National Accreditation Board. The results obtained for the components of the context is fitness for purpose, background, and principles of curriculum development with government regulations. Input devices for learning component as well as the qualifications and competence of teachers in accordance with the provisions of the regulations. Components of the process of curriculum implementation and supervision in accordance with the regulations, and the last component of the product with 11 standard component of the process of getting a score of 97.72 which indicates that the standards implementation process in these schools meet the criteria very well and recommended for reuse in the next school year.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Rugaiyah, M.Pd. 2). Dr. Desi Rahmawati, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 05:44 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 05:44 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26320 |
Actions (login required)
View Item |