GAMBARAN PERMASALAHAN AKADEMIK MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA (Survei terhadap Mahasiswa Strata 1 Angkatan 2013, 2014, dan 2015)

LUTVIA PURWADHANI, . (2016) GAMBARAN PERMASALAHAN AKADEMIK MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA (Survei terhadap Mahasiswa Strata 1 Angkatan 2013, 2014, dan 2015). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3 ABSTRAK INDONESIA & INGGRIS.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
Image
4 SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.jpg

Download (1MB) | Preview
[img] Text
1 COVER.pdf

Download (41kB)
[img]
Preview
Image
2 LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (283kB)
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (137kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Lampiran 1 Studi Pendahuluan.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (97kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (17kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan data empiris mengenai gambaran masalah akademik yang dialami oleh mahasiswa tingkat pertama, kedua, dan ketiga di Universitas Negeri Jakarta. Menurut Lean, et.al. (2010) hambatan belajar adalah kondisi atau situasi yang menghalangi atau menghambat kemajuan akademis sehingga dapat menjadi masalah. Kuesioner ini terdiri dari 70 pertanyaan terdiri dari biologis, psikologis, langsung lingkungan, dan lingkungan tidak langsung. Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi sekitar 18.138 mahasiswa S1 dan sampel penelitian ini adalah 376 mahasiswa dari fakultas pendidikan, fakultas ilmu sosial, fakultas ekonomi, fakultas ilmu keolahragaan, fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, fakultas teknik dan fakultas bahasa dan seni, dikumpulkan dengan teknik pengambilan sampel insidental. Kuesioner ini terdiri dari 70 pertanyaan yang diperoleh dari bidang akademik mahasiswa, yaitu biologis, psikologis, lingkungan langsung, dan lingkungan tidak langsung dengan koefisien reliabilitas 0,737. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek psikologis menjadi isu yang paling dominan dalam masalah mahasiswa. Dalam aspek psikologis, kecemasan memiliki persentase tertinggi masalah akademik di kalangan mahasiswa tingkat pertama, sebaliknya itu adalah yang terendah di antara mahasiswa tingkat tiga. Perempuan memiliki kecenderungan tinggi untuk mengalami masalah akademik dibandingkan laki-laki. Selanjutnya, Fakultas Ilmu Keolahragaan memiliki persentase tertinggi dalam semua aspek dari masalah akademik. Disarankan bahwa perlu adanya layanan yang terintegrasi untuk intervensi permasalahan yang dialami mahasiswa. The purpose of this research was to obtain information and empirical data regarding the description of academic problems experienced by freshman, sophomore and junior students at State University of Jakarta. According to Lean, et.al. (2010) barriers to learning is condition or situation that obstructs or impedes academic progress so it can be a problem. The questionnaire consists of 70 questions consist of biological, psychological, direct environmental, and indirect environmental. This research uses survey method. The population is around 18.138 undergraduate students and the sample of this research are 376 students from faculty of education, faculty of social science, faculty of economic, faculty of sport science, faculty mathematics and science, faculty of technique and faculty of language and art gathered by incidental sampling technique. The questionnaire consists of 70 questions which obtained from student academic area, which are biological, psychological, direct environmental, and indirect environmental with the reliability coefficient IS 0,737. The result of this study showed that psychological aspect becomes the most dominant issue in college student problem. In psychological aspect, anxiety is the highest percentage of academic problem among freshman, on the contrary it is the lowest among juniors. Women have high tendency to experience academic problems than men. Furthermore, Faculty of Sport Sciences has the highest percentage in all aspects of academic problem. It is recommended that the need for integrated services to intervene in problems experienced by college students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Gantina Komalasari, M.Psi. 2). Dr. Aip Badrujaman, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 05:51
Last Modified: 11 Apr 2022 05:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26323

Actions (login required)

View Item View Item