MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK (Studi Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Menteng Atas 11 Setiabudi, Jakarta Selatan)

M NUR JIHAD AMAR MA’RUF, . (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK (Studi Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Menteng Atas 11 Setiabudi, Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (355kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text
LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (70kB)
[img] Text
LEMBAR JUDUL.pdf

Download (80kB)
[img] Text
LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (21kB)
[img] Text
LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (8kB)
[img] Text
LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas IV SDN Menteng Atas 11 Setiabudi Jakarta Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Menteng Atas 11 Setiabudi Jakarta Selatan yang berjumlah 36 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan merefleksikan kegiatankegiatan yang telah dilakukan pada setiap siklus. Hasil evaluasi belajar siswa pada siklus I mencapai 69,44% dengan 25 siswa mendapat nilai ≥65 dan pada siklus II mencapai 91,67% dengan rincian 33 siswa mendapat nilai ≥65. Dari hasil tersebut, pelaksanaan tindakan pada siklus II telah menunjukkan hasil yang diharapkan. Hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui pendekatan saintifik di SDN Menteng Atas 11 Setiabudi Jakarta Selatan menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I hingga siklus II sebesar 22,23%. Hasil yang telah dicapai pada siklus II tersebut membuktikan bahwa pendekatan saintifik yang digunakan peneliti untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA sudah tepat. This research aims to improve outcome learning of science through Scientific Approach to the 4th grade students of SDN Menteng Atas 11 Setiabudi , South Jakarta. The subjects were students of class IV SDN Menteng Atas 11 Setiabudi, South Jakarta totaling 36 students. The method used was classroom action research using a model Kemmis & Mc. Taggart. Data collected by observation techniques, test, field notes, and documentation of the learning activities. Data analysis was performed by reflecting the activities that have been carried out in every cycle. Results of the evaluation of student learning in the first cycle reached 69,44% with 25 students scored ≥65 and the second cycle reached 91,67% with details of 33 students scored ≥65. From these result, the implementation of the action on the second cycle have shown result expected. Students learning outcomes in learning science through a scientific approach in SDN Pasar Manggis 01 Pagi South Jakarta showed an increase from cycle I to cycle II of 22,23%. The results achieved in the second cycle proved that the scientific approach used by researchers to improve student learning outcomes in learning science is right.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yetty Auliaty M.Pd. 2). Dra. Sri Kawuryan M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 11 Apr 2022 06:04
Last Modified: 11 Apr 2022 06:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26331

Actions (login required)

View Item View Item