MARNI ROSLITA, . (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD AR-RAHMAN MOTIK JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (988kB) |
|
Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (182kB) |
|
Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (160kB) |
|
Text
4. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (4MB) |
|
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (25kB) |
|
Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Download (281kB) |
|
Text
6. DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf Download (92kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (108kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (761kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (301kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (226kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (560kB) |
|
Text
16. DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf Download (3MB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (29kB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa berbasis inkuiri pada pembelajaran IPA untuk kelas V Sekolah Dasar. Pengambilan sampel menggunakan teknik validasi produk dengan menggunakan angket dan wawancara dengan ahli materi, ahli bahasa, ahli media, dan siswa kelas V SD Ar-Rahman Motik Jakarta Selatan sebanyak 35 orang siswa. Adapun model pengembangan yang digunakan adalah pengembangan Borg and Gall. Adapun teknik evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif. Evaluasi ini dilaksanakan melalui tiga tahap uji coba, yaitu one to one evaluation, small group evaluation, dan field test evaluation. Hasil penilaian oleh ahli materi adalah 93%, ahli bahasa 86%, dan ahli media adalah 81%. Maka didapatkan rata-rata presentase nilai dari semua ahli adalah 91%. Oleh karena presentase nilai yang diperoleh melebihi batas skor kriterium yaitu 80%, maka penilaian uji kelayakan Lembar Kerja Siswa dikatakan valid atau sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa berbasis inkuiri dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas V Sekolah Dasar. This research and development aims to develop and produce an inquiry self-based Student Worksheet on science lesson for Grade V Elementary School. Sampling using product validation techniques using questionnaires and interviews with ammunists, linguists, media experts, and students of grade V SD Ar-Rahman Motik South Jakarta as many as 35 students. The development model used is the development of Borg and Gall. The evaluation technique used is formative evaluation. This evaluation is conducted through three stages of testing, one to one evaluation, small group evaluation, and field test evaluation. The result of the assessment by the material expert is 93%, linguist 86%, and media expert is 81%. Then the average percentage of the value of all experts is 91%. Because the percentage of the value obtained exceeds the criterion score limit of 80%, the assessment of the feasibility test of the Student Worksheet is said to be valid or excellent. The results showed that the inquiry student based worksheet can be used in the learning activities in class V Elementary School.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. AR. Supriatna, M.Pd. 2). Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 06:58 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 06:58 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26354 |
Actions (login required)
View Item |