HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA PADA PESERTA DIDIK SMA

NOFITA LASARI, . (2017) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA PADA PESERTA DIDIK SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_NOFITA LASARI_3415131019.pdf

Download (4MB)

Abstract

Persepsi diri terhadap kemampuan berpikir kritis dapat menjadi alat untuk merangsang pemikiran dan membantu peserta didik agar memperoleh hasil belajar kognitif yang lebih baik. Hasil belajar kognitif peserta didik ialah perubahan pada peserta didik yang dinyatakan dalam skor terhadap pemahaman konsep yang dialami setelah mendapatkan pengalaman belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi diri terhadap kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar kognitif materi Sistem Repoduksi Manusia pada peserta didik SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 45 Jakarta pada bulan MeiJuni tahun 2017. Metode yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan studi korelasional. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 85 peserta didik kelas XI MIA yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,401 dengan kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 16,1%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara persepsi diri terhadap kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar kognitif materi Sistem Reproduksi Manusia pada peserta didik SMA Negeri 45 Jakarta. Self perception of the critical thinking skill can be a tool to stimulate thinking and help students to get better cognitive learning outcomes. The cognitive learning outcomes of students are the change of students expressed in the scores on understanding the concept experienced after gaining experience learning. The purpose of this study was to determine the relationship between self perception of the critical thinking skill and the cognitive learning outcomes of the Human Reproductive System in high school students. This research was conducted at SMA Negeri 45 Jakarta in May-June 2017. The method used was quantitative method with correlational study. The number of samples used were 85 students of class XI MIA by simple random sampling technique. Based on hypothesis testing, correlation coefficient value was 0.401 with the contribution of variable X to variable Y of 16.1%. Based on these results, there was a positive correlation between self perception of the critical thinking skill with the cognitive learning outcomes of the Human Reproductive System in students of SMA Negeri 45 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Rusdi, M.Biomed 2) Dra. Yulilina R.D., M.Biomed
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 12 Apr 2022 08:45
Last Modified: 12 Apr 2022 08:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26373

Actions (login required)

View Item View Item