HUBUNGAN PENGGUNAAN INSTAGRAM DENGAN CITRA DIRI PEREMPUAN Studi Pada Mahasiswi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (P.IPS) Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2013 -2015

MARYATUL KIBTIYAH SYAM, . (2017) HUBUNGAN PENGGUNAAN INSTAGRAM DENGAN CITRA DIRI PEREMPUAN Studi Pada Mahasiswi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (P.IPS) Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2013 -2015. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Maryatul Kibtiyah Syam (4915142937).pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan berdasarkan bukti data empiris atau fakta yang sesungguhnya (valid), benar dan dapat dipercaya (reliabel) tentang adanya hubungan penggunaan instagram degam citra diri perempuan. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (P.IPS) Universitas Negeri Jakarta angkatan 2013-2015. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan studi ex post facto (penelitian setelah kejadian). Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini memiliki persamaan regresi linier sederhana Ŷ = 46,630 + 0,7428 X. Koefisien korelasi Pearson product moment diperoleh sebesar rxy = 0,402, yang artinya ada hubungan yang positif antara variabel bebas (penggunaan instagram) dengan variabel terikat (citra diri perempuan). Berdasarkan perhitungan signifikansi koefisien korelasi atau uji-t diperoleh thitung (4,911) > ttabel (1,661), sehingga menunjukkan adanya hubungan penggunaan instagram dengan citra diri perempuan senilai koefisien korelasi yaitu 0,15828 dengan koefisien determinasi sebesar 15,82%. Kesimpulan hasil penelitian adalah ada hubungan hubungan penggunaan instagram dengan citra diri perempuan. This study aims to obtain knowledge based on evidence of empirical data or facts that are true (valid), true and reliable (reliabel) about the relationship using instagram degam self-image of women. This research was conducted on student of Social Science Education (P.IPS) State University of Jakarta force 2013-2015. This research uses correlational quantitative method with ex post facto study (post-event study). The sampling technique is purposive sampling technique. The result of this research has simple linear regression equation Ŷ = 46,630 + 0,7428 X. Pearson product moment correlation coefficient is obtained by rxy = 0,402, which means there is positive relation between independent variable (instagram usage) with dependent variable (female self image). Based on the calculation of significance correlation coefficient or t-test obtained tcount (4.911)> ttable (1.661), thus indicating the relationship using instagram with self- image of female worth of correlation coefficient is 0.15828 with determination coefficient of 15.82%. The conclusion of research result is there relationship of usage of instagram with self image of woman.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Eko Siswono, M.Si 2) Dr. Abdul Haris Fatgehipon, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:01
Last Modified: 13 Apr 2022 02:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26407

Actions (login required)

View Item View Item