OKTAVIANI NURANGGRAENI, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Cover.pdf Download (20kB) |
|
Text
5. Lembar Originalitas.pdf Download (891kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (11kB) |
|
Text
3. Abstract.pdf Download (10kB) |
|
Text
4. Lembar Persetujuan.pdf Download (547kB) |
|
Text
8. Daftar Isi.pdf Download (265kB) |
|
Text
9. Daftar Tabel.pdf Download (244kB) |
|
Text
7. Kata Pengantar.pdf Download (264kB) |
|
Text
10. Daftar Gambar.pdf Download (247kB) |
|
Text
6. Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf Download (830kB) |
|
Text
13. BAB II.pdf Download (513kB) |
|
Text
11. Daftar Lampiran.pdf Download (260kB) |
|
Text
14. BAB III.pdf Download (417kB) |
|
Text
12. BAB I.pdf Download (318kB) |
|
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (261kB) |
|
Text
18. Lampiran.pdf Download (2MB) |
|
Text
19. Daftar Riwayat Hidup.pdf Download (32kB) |
|
Text
15. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
16. BAB V.pdf Download (159kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan hasil tes kemampuan awal siswa yang dilakukan di kelas XII IPS SMA Negeri 1 Bekasi, menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah. Salah satu metode pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai metode pembelajaran yaitu cooperative integrated reading and composition (CIRC). Metode pembelajaran CIRC merupakan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa karena meningkatkan pemahaman siswa sehingga dapat membuat model matematika dari soal uraian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan metode pembelajaran CIRC untuk siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan tiga siklus dimana setiap siklus menggunakan metode pembelajaran CIRC. Setiap akhir siklus diadakan tes akhir siklus untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Bekasi. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 6 dari 30 siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Bekasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal tersebut dilihat dari meningkatnya rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematika setiap siklus. Pada siklus III jumlah siswa yang mencapai skor kemampuan pemecahan masalah di atas skor 13 adalah 23 siswa dari 30 siswa, dengan presentase 85,19% dan seluruh subjek penelitian mencapai skor kemampuan pemecahan masalah di atas skor 13, berdasarkan indikator ketercapaian siklus bahwa minimal 80% dari jumlah siswa mencapai skor di atas 13, maka pada siklus III sudah tercapai. Based on the results of the observation and the results of the students initial ability tests conducted in class XII IPS SMA Negeri 1 Bekasi, showed that students math problem solving ability is still low. One of the learning methods that can be used as a learning method is cooperative integrated reading and composition (CIRC). CIRC learning method is a learning method that can improve students 'mathematical problem solving skills because it improves students' understanding so they can create a mathematical model of the description problem. This study aims to improve students' mathematical problem solving skills through the application of CIRC learning method for IPS class XII students in SMA Negeri 1 Bekasi. This study is a classroom action research conducted three cycles where each cycle using CIRC learning method. At the end of each cycle, a final test of the cycle is conducted to measure the students' mathematics problem solving skills in grade XII IPS SMA Negeri 1 Bekasi. Research subjects used in this study were 6 of 30 students class XII IPS SMA Negeri 1 Bekasi. The results showed that the CIRC learning method can improve students' math problem solving skills. This is shown that the increasing average score of math problem solving skills every cycle. In cycle III the number of students achieving the score of problem solving abilities above score 13 is 23 students from 30 students, with 85.19% percentage and all subjects reach the score of problem solving abilities above score 13, based on the indicator of achievement cycle that at least 80% of the number of students reached a score above 13, then on the third cycle has been achieved.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dwi Antari Wijayanti, M.Pd 2) Dra. Suprakarti, M.Pd |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 03:04 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 03:04 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26429 |
Actions (login required)
View Item |