UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII-C SMP NEGERI 156 JAKARTA

RABIAH AL ADAWIYAH, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII-C SMP NEGERI 156 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstrak Skripsi.docx

Download (18kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (713kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (448kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Biodata penulis.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB)
[img] Text
lembar persetujuan skripsi.docx

Download (31kB)
[img] Text
lembar persembahan.docx

Download (28kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas VIII-C SMP Negeri 156 Jakarta. Kemampuan komunikasi matematis adalah salah satu bagian penting dalam proses pembelajaran matematika. Menguasai kemampuan komunikasi matematis berarti peserta didik dapat lebih memahami simbol-simbol dan informasi yang ada di dalam pelajaran tersebut serta mampu mengomunikasikan dan menjelaskan hasil-hasil pikiran peserta didik kepada orang lain baik secara lisan ataupun tertulis. Berdasarkan hasil tes prapenelitian yang diberikan kepada peserta didik kelas VIII-C menunjukkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik masih relatif rendah. Dengan demikian, kemampuan komunikasi matematis peserta didik, khususnya peserta didik kelas VIII-C SMP Negeri 156 Jakarta sangat perlu untuk ditingkatkan. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 6 peserta didik yang dipilih dari 33 peserta didik kelas VIII-C SMP Negeri 156 Jakarta. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti, wawancara, format lembar observasi kemampuan komunikasi matematis, lembar tes akhir siklus, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor tes kemampuan komunikasi matematis meningkat melalui pembelajaran matematika model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dari aktivitas yang diamati pada setiap tahapan yakni think, pair dan share sekaligus respon positif dari peserta didik subjek penelitian dan juga peserta didik secara keseluruhan terhadap penerapan model pembelajaran Think Pair Share.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Ir. Fariani Hermin, MT 2) Drs. Sudarwanto, M.Si, DEA
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 13 Apr 2022 05:27
Last Modified: 13 Apr 2022 05:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26463

Actions (login required)

View Item View Item