RAHAJENG PUTRI HAWA, . (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DI KELAS VIII–C SMP NEGERI 77 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
2. Lembar Persetujuan.pdf Download (244kB) |
|
Text
3. Lembar Persembahan.pdf Download (23kB) |
|
Text
4. Lembar Originalitas.pdf Download (4MB) |
|
Text
1. Halaman Muka.pdf Download (174kB) |
|
Text
7. Kata Pengantar.pdf Download (93kB) |
|
Text
6. Abstract.pdf Download (84kB) |
|
Text
8. Daftar Isi.pdf Download (36kB) |
|
Text
12. Bab I.pdf Download (235kB) |
|
Text
9. Daftar Gambar.pdf Download (35kB) |
|
Text
11. Daftar Lampiran.pdf Download (30kB) |
|
Text
10. Daftar Tabel.pdf Download (25kB) |
|
Text
16. Bab V.pdf Download (37kB) |
|
Text
15. Bab IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
13. Bab II.pdf Download (212kB) |
|
Text
14. Bab III.pdf Download (207kB) |
|
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (102kB) |
|
Text
18. Daftar Riwayat Hidup.pdf Download (73kB) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (28kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan komunikasi matematis yang dimiliki oleh siswa kelas VIII-C SMP Negeri 77 Jakarta. Hal ini dikarenakan masih diterapkannya model pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa tidak dapat mengembangkan kemampuan komunikasi matematis yang dimiliki. Oleh karena itu, salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Pada penelitian ini, peneliti menggunakan tiga aspek kemampuan komunikasi matematis yaitu kemampuan siswa dalam menyatakan ide-ide matematis melalui tulisan dan menggambarkan secara visual, kemampuan siswa untuk memahami, menginterpretasikan, dan mengevaluasi ide-ide matematis secara tertulis, dan kemampuan siswa dalam menggunakan istilah-istilah, simbolsimbol matematika, dan struktur-strukturnya untuk memodelkan situasi atau permasalahan matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis classroom action research (penelitian tindakan kelas). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana untuk setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-C pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 77 Jakarta dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Dari jumlah seluruh siswa kelas VIII-C dipilih 6 orang sebagai subjek penelitian yang ditentukan berdasarkan hasil tes awal kemampuan komunikasi matematis dan hasil diskusi dengan guru. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kemampuan komunikasi matematis siswa mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai akhir yang diperoleh pada kegiatan tes awal adalah 26,39, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 54,7, pada siklus II meningkat menjadi 77,79 dan pada siklus III meningkat menjadi 85,47. Persentase siswa yang melampaui dan mencapai standar indikator keberhasilan kemampuan komunikasi matematis pada tes awal sebesar 3.12%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 41.94%, pada siklus II meningkat menjadi 77.41% dan pada siklus III meningkat menjadi 86.11%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition di kelas VIII-C SMP Negeri 77 Jakarta dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita. The background of this research is the lack of mathematical communication ability possessed by students of class VIII-C SMP Negeri 77 Jakarta. This is because the application of learning model is not appropriate so that students can’t develop the ability of mathematical communication owned. Therefore, one of the efforts to improve student’s mathematical communication ability is by applying Cooperative Integrated Reading ad Composition (CIRC) learning model. In this research, the researcher uses three aspects of mathematical communication ability that is student’s ability in expressing mathematical ideas through writing and visual depiction, student’s ability to comprehed, interpret, and evaluate mathematical ideas in writing, and ability of student’s in using terms, mathematical symbols, and structures to modeling situations or problems of mathematics. This research uses qualitative approach with type classroom action research. This research is conducted in three cycles, which for each cycle consists of four stages of planning, implementation, observation, and reflection. This research was conducted in class VIII-C in the even semester of academic year 2017/2018 at SMP Negeri 77 Jakarta with 36 students. From the total of all students of class VIII-C selected 6 people as the subject of research determined based on the results of the initial test of mathematical communication skills and the results of discussion with teachers. Based on the research that has been done, student’s mathematical communication sklilss have increased. This can be seen from the average of final value obtained at the initial test activity is 26.39, the in the first cycle increased to 54.7. the second cycle increased to 77.79 and in the third cycle increased to 85.47. the percentage of students who exceeded and reached the standard indicator of the success of mathematical communication ability on the initial test of 3.125, the in the first cycle increased to 41.94%, the second cycle increased to 77.41%, and in the third cycle increased to 86.11%. Based on the result of this research it can be concluded that the implementation of Cooperative Integrated Reading and Composition learning model in the class VIII-C SMP Negeri 77 Jakarta can improve student’s mathematical communication skills in solving the story problem.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Ir. Fariani Hermin, MT 2) Dwi Antari Wijayanti, M.Pd |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 05:36 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 05:36 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26466 |
Actions (login required)
View Item |