RAQUEL ELIZABETH, . (2017) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA YANG BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DI SMP NEGERI 139 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (448kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORIGINALITAS.pdf Download (3MB) |
|
Text
1. ABSTRAK INDO.pdf Download (193kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (92kB) |
|
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (89kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (88kB) |
|
Text
5. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf Download (240kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (229kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (81kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (456kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Download (319kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Download (201kB) |
|
Text
18. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (104kB) |
|
Text
Cover SKRIPSI.pdf Download (13kB) |
|
Text
10. DAFTAR TABEL.pdf Download (83kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (300kB) |
|
Text
2. ABSTRAK ENGLISH.pdf Download (154kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mana yang lebih tinggi, apakah siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing atau siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project di SMP Negeri 139 Jakarta Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII-C dan VIII-A di SMP Negeri 139 Jakarta semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan menentukan kelas eksperimen I (model pembelajaran Problem Posing) dan kelas eksperimen II (model pembelajaran Missouri Mathematics Project) dari tiga kelas yang dipilih secara acak. Kedua kelas eksperimen homogen, dan memiliki kesamaan rata-rata. Penelitian digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis pada pokok bahasan faktorisasi bentuk aljabar. Sebelum digunakan, instrumen tersebut telah melalui uji validitas isi, validitas konstruk, dan validitas empirik. Perhitungan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,417 yang termasuk dalam kategori sedang. Kemudian, dilakukan juga perhitungan taraf kesukaran soal yang menyatakan soal tes nomor 1 sampai dengan 4 tergolong sedang. Berdasarkan perhitungan data penelitian, kedua kelas eksperimen berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama atau homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dengan varians yang sama. Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh nilai thitung = 3,9004 dan ttabel = 1,6675. Nilai thitung lebih dari ttabel sehingga H0 ditolak pada taraf signifikansi a= 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan model Problem Posing lebih tinggi daripada siswa yang belajar menggunakan model Missouri Mathematics Project. This study aimed to obtain information about students mathematical problem solving abilities are higher, whether students who learn by using Problem Posing learning model or students who learn to use learning model Missouri Mathematics Project at SMP Negeri 139 Jakarta This research was conducted in class VIII-C and VIII-A in junior high school 139 Jakarta odd semester of academic year 2017/2018. The research method is quasi-experimental method. The sampling technique used cluster random sampling technique by determining experiment class I (Problem Posing learning model) and experiment II class (Missouri Mathematics Project learning model) from three randomly selected classes. Both classes are homogeneous experiments, and have an average similarity. The research used is the test of mathematical problem solving ability on the subject of algebraic factorization. Prior to use, the instrument has passed the test of content validity, construct validity, and empirical validity. Calculation of reliability is done by using Alpha Cronbach formula and obtained reliability coefficient of 0.417 are included in the category of being. Then, also done the calculation of the level of difficulty of the problem that states about the test number 1 to 4 is moderate. Based on the calculation of the research data, the two experimental classes are from normally distributed populations and have the same or homogeneous variance. Therefore, hypothesis testing is performed using t-test statistic with the same variance. Based on the test results, obtained tcount = 3.9004 and ttable = 1.6675. The value of t count is more than t table H0 is rejected at significance level α = 0,05. From these results it can be concluded that the problem solving ability of mathematical students who learn to use Problem Posing model is higher than students who learn to use the model of Missouri Mathematics Project.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Makmuri, M.Si 2) Dr. Eti Dwi Wiraningsih S.Pd., M.Si |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 06:28 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 06:28 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26482 |
Actions (login required)
View Item |