UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK (Studi Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Pasar Manggis 01 Pagi Setiabudi, Jakarta Selatan)

MUHAMAD FIKRI FADILAH, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK (Studi Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Pasar Manggis 01 Pagi Setiabudi, Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PDF BAB II PTK.pdf

Download (208kB)
[img] Text
PDF BAB III PTK.pdf

Download (511kB)
[img] Text
1. PDF COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
PDF BAB I PTK.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2. PDF KP DI DT fix.pdf

Download (228kB)
[img] Text
PDF DAFTAR PUSTAKA PTK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
PDF DAFTAR RIWAYAT HIDUP FIKRI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
PDF BAB IV PTK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PDF BAB V PTK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
1a. PDF LEMBAR KERJA SISWA siklus 1.pdf

Download (8kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas IV SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan yang berjumlah 35 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan merefleksikan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan pada setiap siklus. Hasil evaluasi belajar siswa pada siklus I mencapai 71,43% dengan 25 siswa mendapat nilai ≥65 dan pada siklus II mencapai 88,57% dengan rincian 31 siswa mendapat nilai ≥65. Dari hasil tersebut, pelaksanaan tindakan pada siklus II telah menunjukkan hasil yang diharapkan. Hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui pendekatan saintifik di SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta Selatan menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I hingga siklus II sebesar 17,14%. Hasil yang telah dicapai pada siklus II tersebut membuktikan bahwa pendekatan saintifik yang digunakan peneliti untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA sudah tepat. This research aims to improve outcome learning of science through Scientific Approach to the 4th grade students of SDN Pasar Manggis 01 Pagi, South Jakarta. The subjects were students of class IV SDN Pasar Manggis 01 Pagi, South Jakarta totaling 35 students. The method used was classroom action research using a model Kemmis & Mc. Taggart. Data collected by observation techniques, test, field notes, and documentation of the learning activities. Data analysis was performed by reflecting the activities that have been carried out in every cycle. Results of the evaluation of student learning in the first cycle reached 71,43% with 25 students scored ≥65 and the second cycle reached 88,57% with details of 31 students scored ≥65. From these result, the implementation of the action on the second cycle have shown result expected. Students learning outcomes in learning science through a scientific approach in SDN Pasar Manggis 01 Pagi South Jakarta showed an increase from cycle I to cycle II of 17,14%. The results achieved in the second cycle proved that the scientific approach used by researchers to improve student learning outcomes in learning science is right.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yetti Auliati M.Pd. 2). Dra. Edwita M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:31
Last Modified: 14 Apr 2022 02:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26551

Actions (login required)

View Item View Item