MUHAMMAD ABDUL JABAR, . (2017) KNOWLEDGE MANAGEMENT DI SUB DIREKTORAT PENILAIAN KINERJA DAN PENGEMBANGAN KARIER GURU PENDIDIKAN DASAR KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4. Lembar Penyataan Keaslian Skripsi.pdf Download (701kB) |
|
Text
5. Lembar Persembahan Skripsi.pdf Download (111kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (815kB) |
|
Text
1. Lembar Judul.pdf Download (98kB) |
|
Text
3. Lembar Abstrak.pdf Download (184kB) |
|
Text
7. Lembar Daftar Isi.pdf Download (213kB) |
|
Text
6. Lembar Kata Pengantar.pdf Download (137kB) |
|
Text
13. Lampiran-Lampiran.pdf Download (681kB) |
|
Text
11. BAB I-BAB V.pdf Download (710kB) |
|
Text
14. Daftar Riwayat Hidup.pdf Download (94kB) |
|
Text
12. Daftar Pustaka.pdf Download (152kB) |
Abstract
Penelitian dilakukan di Sub Direktorat Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karier Guru Pendidikan Dasar, yang bertujuan untuk mengetahui gambaran knowledge management di tempat ini. Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari - Juli 2017. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber dari penelitian ini yaitu: Kepala Subdit, Kepala Sie Penilaian Kinerja, penanggung jawab kelompok kerja dan anggota kelompok kerja.. Penciptaan pengetahuan dimulai dari instruksi pimpinan atau pengembangan kebijakan, lalu kepala subdit, kepala sie dan penanggung jawab kelompok kerja diikutsertakan dalam sosialisasi kebijakan tersebut. Hasil dari kegiatan tersebut dibuat pengetahuan baru berupa peraturan pemerintah atau sejenisnya. Pengetahuan baru ini lalu di diskusikan kepada pegawai yang lain sehingga pegawai yang lain mengetahui hasil dari sosialisasi yang diikuti beberapa pegawai. Selain itu, dilakukan juga rolling tugas untuk menambah pengetahuan pegawai. Setelah itu dalam penerapan pengetahuannya pegawai atau kelompok kerja membuat program-program yang sesuai peraturan pemerintah. Sub Direktorat Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karier Guru Pendidikan Dasar hendaknya memperbanyak keterlibatan pegawai yang lain dalam proses penciptaan pengetahuan baru untuk mengembangkan kompetensi mereka. Selain itu, diperbanyak bahan bacaan untuk menambah pengetahuan pegawai. Research was conducted at work assesment and elementary teacher’s career development sub directory, to find out about knowledge management in this institution. Research was conducted from February until July of 2017. Researcher use qualitative approach and descriptive method. Data gathering was done through observation, interviews, and documentation study. Sources of this research are: Head of Sub Directory, Head of Work Assesment Section, person in charge of work groups, and members of work groups. Knowledge creation started from instruction at the top or policies development, then head of sub directory, head of work assesment section, and person in charge of work groups was involved in socialization of the policies. The result of the activity was made into new knowledge in form of government regulation or some sort. This new knowledge then discussed to other employee so other empolyee know about the result of the socalization that attended by few employee. Beside that, there is also work rotation to enrich the knowledge of the employee. After that in order to imply their knowledge, employees or work groups make some programs that correspond in policies. Subdirectory of work assesment and elementary teacher’s carrier development should increase involvement of other employee in new knowledge creation process to improve their competencies. And also, Subdirectory of work assesment and elementary teacher’s carrier development should add more literature to improve employees’s knowledge.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Siti Zulaikha, S.Ag, M.Pd. 2). Dr. Wahyu Sri Ambar Arum, MA. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 02:47 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 02:47 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26566 |
Actions (login required)
View Item |