AYU NUR PRAJANTI, . (2019) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DI KELAS VII G SMP NEGERI 7 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (33kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (13kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (295kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (822kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (170kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) |
|
Text
11a. BAB I.pdf Download (537kB) |
|
Text
11b. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
|
Text
11c. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
|
Text
11d. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
11e. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan tes kemampuan awal pemahaman konsep matematis yang dilakukan di kelas VII G SMP Negeri 7 Jakarta, diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis perlu ditingkatkan. Penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas VII G. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII G SMP Negeri 7 Jakarta melalui penerapan CRH. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pembelajaran matematika setiap pertemuan siklus menggunakan model pembelajaran CRH. Siswa diberikan tes akhir siklus untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian berlangsung di kelas VII G SMP Negeri 7 Jakarta.dengan jumlah 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CRH dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Peningkatan ditunjukkan dengan tercapainya tiga indikator keberhasilan pada penelitian ini. Tiga indikator keberhasilan tersebut yaitu nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII G SMP Negeri 7 Jakarta meningkat pada setiap akhir siklus, nilai tes kemampuan pemahaman konsep matematis meningkat pada enam siswa yang menjadi subjek penelitian di setiap akhir siklus, memperoleh 75% siswa yang telah mencapai nilai berdasarkan kriteria keberhasilan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan mendapat nilai minimal 70. Nilai rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII G pada tes kemampuan awal adalah 48, pada siklus I meningkat menjadi 53,14, pada siklus II meningkat menjadi 65,85, dan siklus III terus meningkat menjadi 80,25. Jumlah siswa yang memperoleh nilai tes kemampuan awal pemahaman konsep matematis minimal 70 juga mengalami peningkatan pada setiap siklus. Pada tes kemampuan awal terdapat 4 siswa (11,4%), pada siklus I meningkat menjadi 8 siswa (22,8%), pada siklus II meningkat menjadi 17 siswa (48,5%), pada siklus III meningkat menjadi 31 siswa (88,5%).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Wardani Rahayu, M.Si ; 2). Siti Rohmah Rohimah, S.Pd, M.Si |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 03:01 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 03:01 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26572 |
Actions (login required)
View Item |