MUSNAINI, . (2017) MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR EKSPRESI DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA MELALUI METODE EKPRESI BEBAS PADA SISWA KELAS II DI SDN RAWAMANGUN 09 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
4. LEMBAR SURAT KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (287kB) |
|
Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (247kB) |
|
Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (237kB) |
|
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (19kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (248kB) |
|
Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (297kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (149kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (176kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (499kB) |
|
Text
16. DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf Download (3MB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (28kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas menggambar ekspresi dalam pembelajaran seni rupa melalui metode ekpresi bebas pada siswa kelas II Di SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur. Siswa Sekolah Dasar kelas II yang dimaksud dalam penelitian ini adalah siswa yang berada pada rentang usia 7–8 tahun sebanyak 33. Penelitian ini menggunakan peneliian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga kali pertemuan pada setiap siklusnya. Masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif berupa deskriptif. Dari analisis data, kreativitas menggambar ekspresi pada siklus I menunjukkan presentae sebesar 69,69%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas belum berhasil, karena target yang ditentukan adalah 80%. Maka penelitian ini berlanjut sampai siklus II dengan hasil 90,9%. Dengan demikian penelitian ini dinyatakan berhasil karena telah meningkat sesuai dengan harapan. Berdasarkan hasil penelitian ini membuktikan bahwa hipotesis yang menyatakan kreativitas menggambar ekpresi dapat meningkat melalui metode ekspresi. The research’s goal was to enhance students’ creativity in drawing expression in art subject through free expression method for second graders of rawamangun state primary school 09 morning. The second graders of primary school in the research were ranged from 7 until 8 years old, 33 students altogether. The writer applied Class action Research to run the research which was held in two cycles where there were three meetings for each cycle. Each cycle consisted of planning, application, observation and reflection. The research was held in the seventh semester in 2016. The data was collected using observation and documentation techniques. The writer used qualitative data analysis technique during the research. Based on the data analysis, creativity in drawing expressions in the first cycle achieved 69.69%. this means that class action research failed since the result was aimed to achieve 80%. Therefore, the research was pursued to the second cycle. In the second cycle, the class action research achieved 90.9%. In other words, the research succeeded for the result has exceeded the writer’s goal. Based on the research, it is concluded that the hypothesis of creativity in drawing expressions can be improved through free expression method.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Olga D Pandeirot, M. Pd. 2). Dra. Marwati Mansyur, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 03:38 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 03:38 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26603 |
Actions (login required)
View Item |