MUSTIKA HIDAYATI, . (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PANEL PECAHAN UNTUK PEMBELJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD ISLAM TELADAN “MIFTAHUL FALAH” JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
|
Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (525kB) |
|
Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Download (139kB) |
|
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (139kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (629kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (597kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (500kB) |
|
Text
7. LEMBAR DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (84kB) |
|
Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf Download (103kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (255kB) |
|
Text
14. DAFTAR TABEL.pdf Download (88kB) |
|
Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (92kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Download (373kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (155kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
|
Text
16. DAFTAR LAMPIRAN DATA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran matematika untuk siswa kelas IV SD pada materi bilangan pecahan dan sub materi operasi hitung bilangan pecahan. Responden penelitian ini adalah para siswa kelas IV SDI Teladan “Miftahul Falah” Jakarta Barat. Media ini dikembangkan melalui sepuluh langkah penelitian dan pengembangan, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, ujicoba lapangan awal, merevisi hasil ujicoba, ujicoba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji lapangan, uji pelaksanaan lapangan, penyempurnaan produk akhir, desiminasi dan implementasi. Untuk melihat keefektifannya, peneliti melakukan uji ahli media, uji ahli materi dan uji lapangan pada peserta didik. Media pembelajaran yang dihasilkan secara keseluruhan valid karena memenuhi kriteria pada validasi dari ahli media dengan skor rata-rata 100%, ahli materi dengan skor rata-rata 86,105% dan dari seluruh tahapan uji coba diperoleh rata-rata presentase sebesar 91,809% yang dikategorikan “sangat baik”, sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang peneliti kembangkan efektif digunakan pada saat pembelajaran matematika. The research development aims to develop media of learning mathematics for 4th grade students elementary school on the material fractions and sub-material fractions arithmetic operations. Respondents this research is 4th grade students of SDI Teladan “Miftahul Falah” Jakarta Barat. This media developed through 10 steps of research and development, that is resesrch and information collection, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision, operational field testing, final product, dessimanation and implementation. To see effectiveness, researchers conducted a media expert test, experts test material and field tests on the learner. Instructional media generated overall valid because it meets the criteria for the validation of media experts with an average score of 100%, subject matter experts with an average score of 86.105%, and from all stages of the trial gained an average percentage of 91.809% were categorized as "very good ", so it can be concluded that media developed effective for use during the learning of mathematics.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd. 2). Dr. Ir. Arita Marini, ME. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 03:41 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 03:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26605 |
Actions (login required)
View Item |