PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING PADA MATERI TERMOKIMIA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK

AYUDANING SEPTINE AKBAR, . (2019) PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING PADA MATERI TERMOKIMIA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (320kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (320kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (240kB)
[img] Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (421kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media mobile learning berbasis pendekatan saintifik pada materi Termokimia yang sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa serta mengetahui kualitas perangkat pembelajaran media mobile learning berbasis pendekatan saintifik pada materi termokimia. Penelitian ini dilakukan menggunakan Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiono dan disesuaikan dengan penelitian ini. Secara garis besar digambarkan dalam lima langkah, yaitu: 1) analisis kebutuhan; 2) pengembangan produk awal; 3) validasi ahli; 4) uji coba lapangan, 5) revisi produk. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2019 sampai Juli 2019 di SMA Negeri 21 Jakarta dan SMA Negeri 2 Bekasi. Media mobile learning yang menghasilkan sebuah aplikasi pada telepon pintar (smartphone) berbasis Android (.apk) bernama Thermobile yang kompatibel pada perangkat Android hinga v.8.0 (Oreo) dengan berbagai fitur yakni fitur materi, video, dan game edukasi tentang Termokimia. . Hasil presentase kelayakan berdasarkan uji kelayakan oleh ahli materi dan bahasa sebesar 82%, hasil uji ahli media sebesar 84%, hasil uji coba media oleh peserta didik skala kecil sebesar 85%, hasil uji coba media oleh peserta didik skala besar sebesar 86%, uji coba guru sebesar 87%. Hasil penilaian dari para ahli dan uji coba lapangan memiliki kriteria sangat baik dan sudah sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan guru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ucu Cahyana, M.Si ; 2). Dr. Afrizal, M.Si
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:53
Last Modified: 14 Apr 2022 03:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26610

Actions (login required)

View Item View Item