PENGARUH PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) dan DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS SISWA PADA MATERI SISTEM IMUN

RIZKIA HANDAYANI, . (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) dan DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS SISWA PADA MATERI SISTEM IMUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (109kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (276kB)
[img] Text
SURAT LAMPIRAN.pdf

Download (845kB)

Abstract

Kemampuan Berpikir Analisis merupakan salah satu dari Higher Order Thinking Skills (HOTS). Siswa dituntut untuk memiliki Higher Order Thinking Skills (HOTS) sesuai dengan kurikulum 2013. Kemampuan berpikir analisis diperlukan untuk memecahkan masalah dalam proses pembelajaran. Materi yang paling sulit di kelas XI adalah materi Sistem Imun. Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dan Discovery Learning diharapkan siswa mampu mengembangkan kemampuan berpikir analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh POGIL dan Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir analisis siswa pada materi sistem imun. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 27 Jakarta di semester genap pada tahun ajaran 2015/2016 pada April-Mei 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian diperoleh secara simple random sampling. Kelas XI MIA 1 (kelas eksperimen Discovery Learning), Kelas XI MIA 2 (kelas eksperimen POGIL), dan kelas XI MIA 3 (Kelas kontrol). Instrumen yang digunakan adalah post-test dengan tes objektif berupa pilihan ganda dan sebab akibat. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan Uji Bartlett. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan Uji F ANAVA satu arah menunjukan hasil nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yang maka tolak Ho pada α=0,05. Hal ini berarti terdapat pengaruh POGIL dan Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir analisis siswa pada materi sistem imun. Analytical Thining Skills is one of Higher Order Thinking Skills (HOTS). Students are required to have Higher Order Thinking Skills (HOTS) based on Curiculum 2013. Analytical Thining Skills was needed in the process solving a problem in learning process. One of the most difficult matter in grade XI Class is immunity System. With a playing Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dan Discovery Learning hopefully student can improve their analytical thinking skills. This study aimed to determine the influence of POGIL and Discovery Learning toward Student Analytical Thinking Skills On The Matters of Immunity System. This study conducted in 27 Senior High School Jakarta on second semester of academic year 2015/2016 on April until May 2016. The reseach method used was a quasi experiment. The sample was determinate by simple random sampling. Class XI MIA 1 was experiment class Discovery Learning, Class XI MIA 2 was experiment class POGIL, and class XI MIA 3 was control Class. The instrument used was a posttest with objective test formed multiple choice and cause and effect. The normality data test with Kolmogorov-Smirnov and homogeneity test with Uji Bartlett. Base on the statistic test resulted acquired data distribution normal and homogen. Hipotesis test used one way ANAVA test showed the result Ho was rejected on α=0,05. This means that there is influence of Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) and Discovery Learning toward Student Analytical Thinking Skills On The Matters of Immunity System.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Rusdi, M. Biomed 2) Dra. Nurmasari Sartono, M. Biomed
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Apr 2022 04:02
Last Modified: 14 Apr 2022 04:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26621

Actions (login required)

View Item View Item