BELLA ANDRE WIJAYA, . (2017) GAMBARAN QUALITY OF WORK LIFE PADA GURU YANG BERCERAI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
pengesahan.pdf Download (8MB) |
|
Text
SKRIPSI Quality of work life pada guru yang bercerai.pdf Download (2MB) |
|
Text
keaslian.pdf Download (9MB) |
|
Text
publikasi.pdf Download (169kB) |
|
Text
Lampiran Verbatim Subjek 1-3 .pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Quality of work life pada Guru Bercerai. Setiap perempuan tentunya menginginkan ikatan pernikahannya terus berlanjut seumur hidup. Fakta bahwa perceraian semakin tahun meningkat setiap tahunnya. Menjadi seorang guru yang bercerai adalah hal yang tidak mudah dilakukan dengan stigma negatif pada janda/single parent dan kebutuhan yang harus dipenuhi. Masalah yang dialami perempuan bercerai bukan hanya masalah psikologis, tetapi terdapat masalah emosi, kebutuhan akan kasih sayang serta perhatian, relasi dengan orang lain dan pandangan negatif guru yang bercerai. Ditengah banyaknya masalah tersebut guru bercerai harus berkualitas untuk mendidik anak murid serta menjadi contoh bagi masyarakat. Salah satu caranya adalah dengan memiliki quality of work life. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif IPA dengan subjek berjumlah tiga orang yang merupakan perempuan guru bercerai. Tujuan menggunakan metode kualitatif IPA adalah agar bisa mengeksplorasi pengalaman hidup subjek secara mendalam dan mendapatkan tematema baru. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menggambarkan bagaimana gambaran quality of work life tiap subjek dalam kondisi bercerai. This research purposes to know description Quality of Work Life towards divorced teacher. Every woman wants their marriage continues for their lifetime. Yet, the facts shows that divorcement increases every year. Being a divorced teacher isn’t easy with the negative stigma on widow/single parent and all of the needs that have to be fulfilled. Not only psychological, problems that divorced woman going to face are also emotional problem, needed of affection and attention, relation with others and negative stigma of divorced teacher. Among all of those problems, divorced teacher still has the quality for teaching their students and be a good model for society. One of the way to be it, is having quality of work life. Method that used in this research is IPA qualitative with three divorced women teacher as the subject. The purpose of using this method so we can explore subject’s life experience in depth and get new themes. The result of this research describe how the quality of work every subject in divorce situation.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Gantina Komalasari, M. Psi 2) Irma Rosalinda Lubis, M. Si |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | FPPsi > S1 Psikologi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 05:15 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 05:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26625 |
Actions (login required)
View Item |