BELLA ALMIRA, . (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS VIII-B SMPN 2 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (106kB) |
|
Text
2a. ABSTRAK .pdf Download (70kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (474kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (255kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (63kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) |
|
Text
11a. BAB I .pdf Download (10MB) |
|
Text
11b. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
|
Text
11c. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
Text
11d. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (17MB) |
|
Text
11e. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (103kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa melalui penerapan model CIRC di kelas VIII-B SMPN 2 Jakarta. Metode penelitian ini adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas VIII SMPN 2 Jakarta tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang yang terdiri dari 16 laki-laki dan 20 Perempuan. Tindakan ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada bidang studi matematika Kelas VIII yaitu pada materi statistika. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan Subjek Penelitian (SP) sebanyak 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa berkemampuan akademik tinggi, 2 siswa berkemampuan akademik sedang, dan 2 siswa berkemampuan akademik rendah. Penerapan model pembelajaran CIRC terdiri dari fase pengenalan konsep, fase eksplorasi, fase aplikasi, dan fase publikasi. Pada setiap pertemuan, siswa diberikan LKS sebagai perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan kegiatan membaca dan menulis pada model pembelajaran CIRC sehingga mampu meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa di kelas VIII B SMPN 2 Jakarta. Hasilnya adalah pada tindakan pra penelitian nilai rata – rata kelas adalah 59 dan nilai rata-rata SP nya 60,4. Pada tindakan siklus I nilai rata – rata kelas meningkat yaitu 70,6 dengan nilai rata – rata SP nya 78,9. Pada tindakan siklus II nilai rata – rata kelas meningkat menjadi 72,8 dan nilai rata – rata SP nya 84,7. Pada tindakan siklus III nilai rata – rata kelas meningkat yaitu 79,4 dengan nilai rata – rata SP nya 93,03. Pada penelitian ini, peneliti mencukupkan penelitian hingga siklus III karena sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu nilai rata-rata tes kemampuan representasi matematis pada masing-masing subjek penelitian mengalami peningkatan setiap siklusnya. Sehingga dapat disimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa di kelas VIII B SMPN 2 Jakarta pada materi statistika.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Tri Murdiyanto, M.Si ; 2). Puspita Sari, S.Pd, M.Sc |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 04:34 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 04:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26627 |
Actions (login required)
View Item |