NANDA SHIFA FAUZIAH, . (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICTOBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD PADA PEMBELAJARAN IPA (Studi Penelitian Eksperimen Kelurahan Menteng Atas Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3. Lembar Abstrak.pdf Download (247kB) |
|
Text
4. Lembar Persetujuan.pdf Download (655kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (643kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (147kB) |
|
Text
1. Lembar Judul.pdf Download (22kB) |
|
Text
6.DAFTAR ISI.pdf Download (155kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Download (153kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (419kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (171kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (374kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (412kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
|
Text
16. DAFTAR RIWAYAT.pdf Download (131kB) |
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD pada pembelajaran IPA. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Menteng Atas 11 Pagi Jakarta Selatan sebanyak 30 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain pretest-posttest control design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan hasil thitung(6,68)>ttabel(1,673) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran POE terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD pada pembelajaran IPA. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran POE dapat dijadikan sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD pada mata pelajaran IPA. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan setiap siswa sehingga dapat merancang suasana dan gaya belajar yang bervariasi untuk dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD pada pembelajaran IPA. This experiment was intended to find the effect of Predict, Observe, Explain (POE) learning models on the critical thinking skill of grade 5th students’ primary school in learning science. The sampel of this research was 30 students at the Menteng Atas 11 Pagi South of Jakarta Public Primary School. The technique of getting the sample was cluster random sampling. The method used is an experiment method by pretest-posttest-only control group design. Data were collected throught observation and analyzed using ttest at significance level α = 0,05 by t-testresults 6,68 > ttabel 1,673 so H0 is rejected and H1 is accepted, it is concluded that there is a significant influence on the application of POE learning models for the critical thinking skill of grade 5th students’ primary school in learning science. These results indicate that the use of POE learning models can be used as part of efforts to develop a critical thinking skill in science teaching grade 5th students. Therefore, teachers need to know the capabilities and needs of each student so that they can design the atmosphere and the variety of learning styles to develop a critical thinking skill in science teaching grade 5th student.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra Yetty Auliaty, M.Pd. 2). Dra. Iva Sarifah, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 05:25 |
Last Modified: | 14 Apr 2022 05:25 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26644 |
Actions (login required)
View Item |