PENGEMBANGAN E-HANDOUT PADA MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA UNTUK PESERTA DIDIK DENGAN GAYA BELAJAR KINESTETIK

CINDI EFITAYANI, . (2019) PENGEMBANGAN E-HANDOUT PADA MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA UNTUK PESERTA DIDIK DENGAN GAYA BELAJAR KINESTETIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (118kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (88kB)
[img] Text
3.LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (480kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (418kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (134kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
11a. BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
11b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text
11c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
11d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
11e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)

Abstract

Karakter peserta didik berhubungan langsung dengan hasil belajarnya. Kemampuan peserta didik dalam memahami dan menyerap materi pembelajaran pasti berbeda-beda, baik itu dalam menghadapi abstraksi, memecahkan masalah dan juga dalam belajar. Selama ini guru kurang menyadari akan masalah tersebut sehingga dalam proses pembelajaran guru tidak memperhatikan jenis gaya belajar yang dimiliki peserta didik. Selain itu, bahan ajar yang banyak digunakan di sekolah yaitu hanya berupa buku cetak dan juga LKS. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar fisika berupa E-Handout pada materi Gerak Harmonik Sederhana khususnya untuk peserta didik dengan gaya belajar kinestetik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan Model Penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Tahapan model pengembangan ADDIE dilakukan melalui lima tahap, yaitu Analyze,Desain Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen penilaian produk didapat dari pengumpulan data berupa angket (kuisioner) dengan skala Likert. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi diperoleh skor sebesar 80,54%, ahli media sebesar 87,85%, ahli pembelajaran sebesar 91,41%, guru sebesar 94,29%, uji coba kepada peserta didik kelompok kecil sebesar 77,92%, dan uji coba kelompok besar sebesar 81,32%. Rerata skor secara keseluruhan yaitu sebesar 85,55%. Dapat disimpulkan E-Handout pada materi Gerak Harmonik Sederhana untuk Peserta Didik dengan Gaya Belajar Kinestetik dikategorikan sangat layak sebagai bahan ajar untuk peserta didik kinestetik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr.Yetti Supriyati, M.Pd, ; 2). Drs. Handjoko Permana, M.Si,
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:13
Last Modified: 14 Apr 2022 06:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/26675

Actions (login required)

View Item View Item